Kamis 19 Maret 2020, 23:50 WIB

Prananda Paloh Dukung Opsi Tes Massal Terkait Covid-19

Putra Ananda | Humaniora
Prananda Paloh Dukung Opsi Tes Massal Terkait Covid-19

MI/Pius
Prananda Surya Paloh

 

Anggota Komisi I DPR RI, Prananda Surya Paloh menyatakan dukungannya terhadap seluruh usaha pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia yang kian meningkat. Prananda pun turut mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari aparat pemerintahan, pelaku usaha, pekerja, serta masyarakat umum, untuk turut mendukung usaha ini sesuai dengan porsinya masing-masing.

“Saya mendukung apapun strategi pemerintah dalam mengendalikan penyebaran pandemi covid-19, termasuk keputusan Presiden Jokowi untuk melakukan tes massal bagi masyarakat yang memiliki potensi terdampak. Mengingat pemerintah yang paling memahami situasi dan kondisi, saya yakin keputusan ini dihasilkan dari pertimbangan yang menyeluruh baik dari dampak kesehatan, ekonomi, dan yang paling penting dampak sosialnya terhadap masyarakat,” jelas Prananda saat dikonfirmasi, Kamis (19/3).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Partai NasDem ini kemudian mengajak masyarakat umum untuk mematuhi dan menjalankan seluruh anjuran pemerintah untuk menerapkan social distancing setidaknya selama dua minggu ke depan.

“Percayakan pemerintah dan tenaga medis dalam menangani pandemi covid-19. Yang kita bisa bantu adalah dengan kurangi penyebaran covid-19 melalui social distancing, serta menjaga imunitas dan kebersihan tubuh. Tetap sehat, jaga dan ingatkan keluarga kita untuk tetap sehat,” ujar Prananda.

Baca juga: Pemerintah Pusat Rencanakan Tes Massal Covid-19, DKI Siap-siap

Menurut Prananda, saat ini kebersamaan masyarakat sedang diuji dengan mengorbankan diri untuk tetap di rumah dan meminimalkan seluruh aktivitas luar rumah. Hal ini pun dinilai tidak mungkin dapat berjalan secara maksimal tanpa adanya keterlibatan dari para pemberi kerja. Perusahaan harus dengan secara tegas memberlakukan work-from-home dan secara konsisten mengurangi aktivitas di perkantoran sementara waktu, khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Lebih penting lagi, saya berharap kebijakan ini dapat diimplementasikan segera di lingkungan institusi pemerintahan dan BUMN guna mendorong sektor swasta untuk melakukan hal yang serupa terhadap pekerjanya,” sebut Prananda.

Prananda kemudian menutup dengan mengingatkan masyarakat untuk menghubungi nomor baru pelayanan darurat 117 bebas pulsa yang secara eksklusif digunakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) apabila memerlukan bantuan terkait covid-19. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Pegadaian Donasi Ambulans dan Peralatan Medis

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 07 April 2020, 15:40 WIB
PT Pegadaian (Persero) menyerahkan satu unit ambulans yang telah dimodifikasi dan peralatan medis ke PMI DKI Jakarta untuk membantu...
Antara/Risyal Hidayat

Pertamina Kebut Kesiapan RS Darurat dan Rujukan Covid-19

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 07 April 2020, 15:14 WIB
Langkah itu sesuai mandat Kementerian BUMN, agar Pertamina berperan aktif dalam penanganan pasien...
AFP

Penelitian Vaksin Covid-19 Minimal Satu Tahun

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 April 2020, 13:58 WIB
Hal itu diungkapkan Menteri Ristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Kecuali, terdapat vaksin yang sudah dikembangkan di luar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya