Kamis 19 Maret 2020, 23:20 WIB

Anies Minta Selama 3 Minggu Warganya Tidak Bepergian Jauh

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Minta Selama 3 Minggu Warganya Tidak Bepergian Jauh

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan covid-19 merupakan wabah yang serius. Oleh karenanya, ia mengatakan perlu ada penanganan yang tegas, yakni meminta warganya untuk tidak bepergian jauh dulu.

"Saya penting garis bawahi, jangan meninggalkan Jakarta. Paling tidak selama 3 minggu ke depan jangan bepergian. Bertahan dulu di Jakarta, tunda. Saya sampaikan ini karena kita tidak ingin Jakarta mengalami seperti yang dialami oleh tempat-tempat lain. Hari ini bela negara adalah dengan cara di rumah," kata Anies dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (19/3).

Anies mengimbau seluruh jajarannya, khususnya walikota, lurah, dan camat untuk melakukan antisipasi sosialisasi kepada warga dan antisipasi pencegahan penyebaran wabah covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Anies juga mengatakan walikota dan jajaran lainnya harus memastikan tiap keluarga memiliki akses tempat cuci tangan dengan air sabun. Lalu dilakukan pemetaan dan pendataan warga yang sedang atau baru kembali dari negara terjangkit covid-19.

Baca juga: Jubir Covid-19: 210 Kasus di DKI Jakarta, 17 Orang Meninggal

"Menyiapkan fasilitas karantina sementara di wilayah kelurahan bila ada warga yang punya potensi terpapar dan tidak bisa melakukan karantina di rumahnya sendiri," kata Anies.

Ia juga mengimbau agar warganya tidak ikut hadir ke acara acara perkumpulan massa seperti festival, pengajian, pertandingan olahraga, dan mendorong agar acara ditunda.

Selain itu, Anies minta walikota dan jajaran lainnya harus bisa menenangkan warga dengan memberikan informasi dan panduan resmi, serta menangkal berita dan informasi palsu atau yang tidak jelas kebenarannya.

"Ingatkan masyarakat untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Ingatkan masyarakat untuk tidak berkerumun. Minta kerumunan agar membubarkan diri," tutupnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Risky Andrianto

Dilaporkan Mantan Istri, Vicky Prasetyo Ditahan di Rutan Salemba

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB
"Kasus laporan Angle Lelga katanya Vicky melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan fitnah," kata kuasa hukum Vicky, Ramdan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

65% Pasien Positif Covid-19 di Jakarta Sembuh, 5% Meninggal Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:15 WIB
Sampai dengan hari ini kami laporkan, 405 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.379 orang melakukan self isolation di...
AFP/Brent Stirton

Ada Konser Drive-In, Ini Protokol Medis yang Disiapkan Promotor

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:13 WIB
Berlian Entertainment bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Safety World untuk menangani teknis penerapan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya