Kamis 19 Maret 2020, 23:00 WIB

Membeli Berlian Besertifikat Lebih Berkualitas

(Ton/S-3) | Ekonomi
Membeli Berlian Besertifikat Lebih Berkualitas

DOK. NK JEWELRY

 

BERLIAN sebagai perhiasan abadi tidak hanya digunakan sebagai hadiah pernikahan, tapi juga bisa diwariskan sebagai koleksi atau investasi.

Maka itu, saat berbelanja berlian, masyarakat hendaknya memperhatikan beberapa hal, terutama besertifikat.

Direktur Utama NK Jewelry, Navin Kumar Akar, menjelaskan banyak hal yang perlu diperhatikan tentang berlian besertifikat, seperti warna (color), kejernihan (clarity), potongan (cutting), dan karat (carat).

Untuk warna, misalnya, berlian jernih tanpa jejak warna lain termasuk sebagai berlian langka dan harganya pun menjadi mahal. Gemological Institute of America (GIA) membagi skala warna berlian dari D hingga Z. Tingkat warna berlian tertinggi dengan jejak warna paling sedikit digolongkan skala D dan terendah dengan jejak warna banyak, yakni Z.

Selanjutnya, untuk kejernihan, terlihat dari cacat atau noda lain yang berupa titik, goresan, atau bentuk seperti gelembung air. "Yang perlu diperhatikan adalah ukuran cacat, banyak cacat, dan letak cacat," kata Navin Kumar, di toko NK Jewelry, Jakarta, Rabu (18/3).

Kemudian, untuk potongan, ikut menentukan batu itu memantulkan cahaya sehingga menghasilkan kecemerlangan tertentu. Berlian yang dipotong dengan tepat akan menghasilkan pantulan cahaya cemerlang, meski warna atau kejernihannya tak begitu bagus. Sebaliknya, berlian tidak terlalu berkilau jika potongannya buruk, walau kejernihan dan warnanya bagus.

Terakhir, karat pada berlian berbeda dengan emas yang dipakai sebagai penunjuk kemurnian. Pada berlian, karat sebagai pengukur berlian yang merupakan massa satuan setara dengan 0,2 gram (200 mg). Semakin besar berlian, semakin tinggi karatnya, semakin mahal pula harganya. Tentu ini harus dilihat dari hal lain, seperti warna dan kejelasannya.

Situs web

Navin Kumar menyarankan agar masyarakat membeli berlian besertifikat GIA dan sudah memiliki nomer seri. Dengan begitu, berlian yang dibeli akan jadi lebih berkualitas dan akurat. "Karena banyak di luaran sana orang menjual berlian sintetis atau lab grown diamond," katanya.

Untuk memudahkan masyarakat memilih berlian besertifikat, NK Jewelry yang bergerak dalam bidang perhiasan emas, perak, permata, dan berlian selama tiga generasi dan sudah beroperasi selama 49 tahun meluncurkan situs, yakni www.NKJewelry.com. Peluncuran sekaligus mengenalkan brand ambassador NK Jewelry, Nadya Indry, Putri Pariwisata Banten 2019.

"Hal ini dilakukan agar pelanggan mudah memilih koleksi berlian dari NK Jewelry dengan pembelian online. Pembeli yang selama ini mencari berlian pun tak harus pergi ke store. Mereka bisa melihat harga secara langsung sebelum ke toko, jadi lebih transparan," terang Navin Kumar.

Website NK Jewelry menawarkan perhiasan dengan kualitas terbaik dengan harga kompetitif. Saat ini NK Jewelry memiliki koleksi 31 ribu berlian besertifikat dengan ukuran 0,3 karat sampai 10 karat.

Selain website, pembeli bisa mengunjungi NK Jewelry yang kini memiliki empat showroom di Jakarta, Bali, New York, dan Jaipur. (Ton/S-3)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

DPR Dukung Kebijakan Menteri Keuangan Lawan Covid-19

👤M Ilham Ramadhan 🕔Senin 06 April 2020, 20:25 WIB
  Kewenangan itu harus tetap menerapkan prinsip tata kelola yang baik, dilakukan secara transparan dan tetap menjaga akuntabilitas...
MI/ M Irfan

Menteri Edhy, Kok Satupun Peraturan Menteri KKP Belum Muncul

👤Hilda julaika 🕔Senin 06 April 2020, 19:35 WIB
Menteri KKP  diminta segera menerbitkan Permen yang belakangan sering disampaikan ke...
Istimewa/PLN

Token Listrik Gratis dan Diskon Bisa Diakses Melalu WhatsApp

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 19:25 WIB
Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya