Jumat 20 Maret 2020, 04:00 WIB

Warga Bergerak Lawan Korona

(BN/LD/JI/MG/RF/JS/HS/SL/YH/BB/TS/OL/YP/N-2) | Nusantara
Warga Bergerak Lawan Korona

MI/Bagus Suryo
Tri Wahyoeni Achyar, pegiat sosial populer warga Kelurahan Lesanpuro Gang 1 No. 47 RT01/RW03 Kota Malang

 

SUDAH dua pekan terakhir kesibukan terjadi di salah satu rumah di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang, Jawa Timur. Tri Wahyoeni Achyar dan sejumlah rekannya tanpa kenal lelah berbagi tugas.

Beberapa orang mengemas dus berisi masker, cairan pembersih tangan, dan bahan pokok. Rekan Tri lainnya mengunggah informasi terkait dengan korona di media sosial.

"Kami menghimpun dan menyalurkan bantuan, berupaya menyadarkan masyarakat tentang peduli korona, serta berkampanye pembuatan sarana cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun di kampung-kampung," kata Yoeni Achyar, kemarin.

Yoeni dan teman-temannya tergabung dalam Komunitas Peduli Malang (Asli Malang). Sebelumnya mereka juga bergerak dalam berbagai aktivitas sosial. Sejak korona datang, para aktivis itu banting setir menjadi aktivitas memerangi wabah itu.

Di markas mereka, para aktivis itu membuat cairan pembersih tangan dengan melibatkan mahasiswa jurusan farmasi. Dari para donatur, gerakan ini juga sudah mendapat sumbangan 1.000 masker untuk diteruskan ke warga, sementara sumbangan bahan pokok juga akan disalurkan kepada warga lanjut usia.

"Ini yang bisa kami lakukan untuk membantu pemerintah dan warga Malang dalam menanggulangi korona," tandasnya.

Gerakan masyarakat juga muncul di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kepedulian dilakukan Ikatan Apoteker Indonesia dengan membagikan cairan pembersih tangan kepada masyarakat. Sebanyak 1.000 botol cairan disalurkan secara cuma-cuma.

Aksi yang dipimpin Ketua IAI Banyumas Khafidz Nasruddin itu mendapat perhatian dari Bupati Achmad Husein dan Kapolresta Kombes Whisnu Caraka, yang ikut menemani para apoteker menyerahkan botol demi botol cairan pembersih kepada masyarakat.

"Sebanyak 705 anggota IAI sepakat bergerak bersama. Kami membuat sendiri cairan pembersih tangan dan menyerahkan kepada masyarakat,untuk membantu penanggulangan korona," paparnya.

Aksi lain dilakukan Palang Merah Indonesia Brebes, Jawa Tengah. Para relawan melakukan penyemprotan disinfektan di gerbang Tol Brebes Timur dan beberapa tempat peristirahatan di sepanjang Tol Pejagan-Pemalang.

Ancaman korona juga tidak membuat para petugas dari Polsek Kota Pamekasan, Jawa Timur, berdiam diri. Sejak awal pekan ini, sejumlah petugas disebar untuk mengampanyekan cara hidup sehat. Mereka berkeliling menggunakan mobil patroli. (BN/LD/JI/MG/RF/JS/HS/SL/YH/BB/TS/OL/YP/N-2)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Pengungsi Banjir Cilacap Bertambah, Dua Orang Terjangkit Covid-19

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 12:02 WIB
BNPB melaporkan dua warga terdampak banjir Cilacap  yang sedang melakukan isolasi mandiri harus dievakuasi ke RS Medika Banyumas ...
Istimewa

Rusdy-Ma'mun Siapkan Konektivitas Internet Fiber Optics di Sulteng

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 10:45 WIB
RUSDY Mastura bersama Partai Nasdem pun pernah sukses merealisasikan Program Wifi...
MI/Rendy Ferdiansyah

Gubernur Babel Keluarkan Kebijakan Pemutihan Pajak Kendaran

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 10:45 WIB
Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan mengeluarkan kebijakan pemutihan pajak kendaraan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya