Kamis 19 Maret 2020, 19:38 WIB

Prabowo: Kerahkan Pesawat TNI Ambil Alkes Covid-19 ke Tiongkok

Prabowo: Kerahkan Pesawat TNI Ambil Alkes Covid-19 ke Tiongkok

MI/Ramdani
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

 

MENTERI Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengerahkan pesawat milik TNI guna mengambil alat-alat kesehatan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan wabah Virus Corona jenis baru, COVID-19, di Shanghai, China.

"Ini untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta, Kamis.

Permintaan itu tertuang dalam Surat Menhan Prabowo Subianto dengan Nomor: B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020 yang ditujukan kepada Panglima TNI perihal pengambilan alat kesehatan.

Baca juga: Anies: Ibadah Bersama Ditiadakan Dua Pekan, Pelanggar Ditertibkan

Langkah itu dilakukan berdasarkan Rapat Terbatas Pimpinan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Maret lalu, dan koordinasi Wamenhan dengan Kantor Staf Presiden pada 17 Maret 2020.

Hal itu juga dapat membantu Tim Gugus Tugas COVID-19 dalam penanganan Virus Corona seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo.

Saat ini, kata dia, masih dalam persiapan yang dilakukan oleh TNI.

"Satu atau dua hari ini pesawat berangkat untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai," kata Dahnil.

Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, China itu berupa Disposable Masks, n95 Masks, Protective Clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps.

"Alat kesehatan ini nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas COVID-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," ujar Dahnil.(OL-4)

Baca Juga

MI/M Irfan

Kejagung Sidik Dugaan Korupsi Sewa Dermaga di Pelindo II

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:09 WIB
"Mungkin terkait sewa dermaga, ada kaitannya dengan itulah. Pelabuhan itu kan navigasi, ada tarif. Dugaannya ada penyimpangan terkait...
MI/Andri Widiyanto

Polri Persilakan Irjen Napoleon Buka-bukaan di Sidang Joko Tjandra

👤Yakub Pryatama 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 08:14 WIB
"Kami tidak perlu menanggapi hal tersebut. Silakan saja (buka-bukaan), karena sudah dilimpahkan ke JPU, semua kewenangan di JPU,"...
MI/Dwi Apriani

Relokasi Dana Covid-19 di Daerah Tidak Seragam

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 07:52 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri menyayangkan instruksi mendagri soal alokasi anggaran 50% untuk penanganan covid-19 untuk tiga fungsi, tidak diatur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya