Kamis 19 Maret 2020, 18:36 WIB

Cegah Covid-19, Ini Perbedaan Salat Jumat di Masjid Agung Jateng

Akhmad Safuan | Nusantara
Cegah Covid-19, Ini Perbedaan Salat Jumat di Masjid Agung Jateng

Antara
Masjid Agung Jawa Tengah

 

MASJID Agung Jawa Tengah (MAJT) memastikan tetap menggelar salat Jumat pada Jumat (20/3). Akan tetapi, ada sejumlah penyesuaian.

"Salat Jumat tetap akan digelar, tetapi akan dilakukan dengan beberapa perubahan dan tetap sesuai aturan fikih," kata Ketua Pelaksana Pengelola (PP) MAJT Noor Achmad di Semarang Kamis (19/3).

Perbedaan dengan salat Jumat sebelumnya, demikian Noor Achmad, adalah barisan antar jemaah akan diberi ruang (jarak) sehingga tidak saling bersentuhan. Selain itu, di tempat wudu juga disiapkan sabun untuk mencuci tangan.

Terkait kotbah, jelas dia, akan dipersingkat menjadi 10 menit dari kisaran 30 menit. Demikian juga, sambungnya, ayat yang dibacakan juga merupakan ayat yang pendek untuk mempersingkat waktu. 

Dan pada salat Jumat kali ini, imbuhnya, jemaah akan diajak istigasah untuk mendoakan agar virus corona (covid-19) di Indonesia segera berakhir. "Waktu istigasah maksimal sekitar 5 menit," tambahnya.

Setelah selesai salat Jumat, ujar Noor Achmad, para jemaah diharapkan langsung dapat pulang dan tidak perlu bersalaman dan diimbau agar sebelum ke masjid para jemaah mandi sunah, wudu dan mencuci tangan menggunakan sabun. (X-15)

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya