Kamis 19 Maret 2020, 17:25 WIB

Lima Kabupaten Masuk Zona Merah Pilkada Serentak di Bengkulu

Marliansyah | Nusantara
Lima Kabupaten Masuk Zona Merah Pilkada Serentak di Bengkulu

Ilustrasi
pilkada serentak Bengkulu

 

PEMETAAN Bawaslu Provinsi Bengkulu, ada lima dari delapan kabupaten, Provinsi Bengkulu, yang masuk dalam pengawasan zona merah atau titik rawan Pilkada serentak pada 2020.

Lima kabupaten yang masuk dalam pengawasan zona merah atau titik rawan pada Pilkada serentak 2020 yakni Seluma, Bengkulu Utara, Kepahiang, Kaur, dan Rejang Lebong.Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar mengatakan, di Provinsi Bengkulu, ada lima kabupaten dari delapan masuk kategori kerawanan tinggi dalam Pilkada 2020.

"Kerawanan dalam Pilkada berkaitan dengan keberpihakan aparatur pemerintah dalam mendukung dan memfasilitasi peserta pilkada, politik transaksional pasangan calon, tim kampanye dan tim sukses, penggunaan media sosial dalam penyebaran hoax dan ujaran kebencian dan penyusunan daftar pemilih yang tidak akurat," katanya.

Bawaslu, lanjut dia, sudah melakukan pemetaan daerah-daerah di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam zona pengawasan tersebut. Daerah yang masuk zona merah berkaca dari pengalaman pemilu dan pilkada sebelumnya sehingga petugas Bawaslu akan melakukan pengawasan ketat di lapangan bersama stakeholders terkait.

Selain itu, Bawaslu juga berharap Polri, TNI, BIN, dan BINDA terus menguatkan koordinasi untuk mencegah konflik horizontal dan vertikal.

Saat ini, Panwascam wajib melaporkan kinerjanya di lapangan menggunakan aplikasi sistem online resmi dari Bawaslu RI.

"Seluruh anggota Panwascam agar update data dalam melaporkan tugas mereka di lapangan," imbuhnya.

Tidak hanya tugas dalam mengawasi, kata dia, tapi hal lainnya yang penting laporan ini wajib disampaikan ke sistem online Bawaslu RI. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rendra

Pandemi juga Menyasar Kepala Daerah

👤Usman Affandi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:30 WIB
Bupati Situbondo meninggal dalam perawatan. Bahaya belum...
MI/Puji Santoso

Tiga Kandidat Menuju Kursi Rektor USU

👤PS/N-2 🕔Jumat 27 November 2020, 03:20 WIB
Proses penyaringan dilakukan oleh Senat Universitas Sumatera Utara. Ada empat calon yang harus diseleksi menjadi tiga...
Dok,. Danone Indonesia

Pabrik Sarihusada DIY Kembali Pertahankan Penghargaan OPEXCON 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:15 WIB
inovasi dan proses perbaikan yang berkelanjutan dalam pelaksanaan operasional bisnis adalah komitmen Sarihusada, sejalan dengan Danone...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya