Kamis 19 Maret 2020, 12:16 WIB

Penindakan Pelanggar Lalin Dikurangi, E-TLE Tetap Jalan

Tri Subarkah | Megapolitan
Penindakan Pelanggar Lalin Dikurangi, E-TLE Tetap Jalan

MI/Tri Subarkah
Tilang elektronik utuk sepeda motor

 

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik tetap dilakukan meskipun ada pengurangan penindakan pelanggaran lalu lintas di lapangan.

"E-TLE tetep jalan, karena kan penilangannya dari jarak jauh," kata Sambodo saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (19/3).

Sebelumnya, Sambodo mengatakan meski petugas kepolisian tetap terjun ke lapangan, namun hanya menindak pelanggaran lalin yang dianggap berpotensi menimbulkan kecelakaan saja. Misalnya melawan arus, menerobos jalur Trans-Jakarta, serta tidak menggunakan helm.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Dirlantas Polda Metro Jaya Tiadakan Razia

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus korona baru (Covid-19) antara aparat kepolisian dengan pelanggar.
Sementara itu, e-TLE merupakan kebijakan yang memungkinkan petugas dan pelanggar, "Tidak berinteraksi fisik secara langsung," imbuh Sambodo.

Menurut Sambodo, jenis pelanggaran yang terekam dalam sistem e-TLE saat ini tetap berjalan, kecuali pelanggaraan ganjil-genap yang dihentikan sementara sejak Senin (16/2).

Diketahui, jenis pelanggaran yang terekeman kamera e-TLE antara lain menerobos lampu merah, pelanggaran marka jalan, menerobos jalur Trans-Jakarta, menggunakan ponsel saat berkendara, serta tidak menggunakan sabuk pengaman (bagi pengemudi mobil) maupun tidak menggunakan helm (bagi pengemudi sepeda motor). (OL-1)

Baca Juga

Antara/Risky Andrianto

Dilaporkan Mantan Istri, Vicky Prasetyo Ditahan di Rutan Salemba

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB
"Kasus laporan Angle Lelga katanya Vicky melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan fitnah," kata kuasa hukum Vicky, Ramdan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

65% Pasien Positif Covid-19 di Jakarta Sembuh, 5% Meninggal Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:15 WIB
Sampai dengan hari ini kami laporkan, 405 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.379 orang melakukan self isolation di...
AFP/Brent Stirton

Ada Konser Drive-In, Ini Protokol Medis yang Disiapkan Promotor

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:13 WIB
Berlian Entertainment bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Safety World untuk menangani teknis penerapan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya