Kamis 19 Maret 2020, 12:14 WIB

Gubernur Erzaldi Tak Kenal Lelah Cegah Korona

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gubernur Erzaldi Tak Kenal Lelah Cegah Korona

MI/Rendy
Gubernur tak kenal lelah cegah korona dengan turun memantau langsung kesiapsiagaan tim satgas korona.

 

Tanda silang berwarna hitam dan Merah terpisah antara satu kursi dengan kursi lainya menghiasai ruang tunggu kedatangan dan keberangkatan terminal penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung.

Tanda silang hitam dan Merah itu, seakan-akan memancar menyambut kedatangan Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau kesiapan pelabuhan Pangkalbalam untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona atau covid-19 melalui pintu masuk pelabuhan.

Erzaldi tidak sendirian, da didampingi Kapolda Babel Brigadir Jendral (Brigjen) Anang Syarif Hidayat dan Kepala kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo dan dinas kesehatan provinsi.

Semenjak ditemukan pasien positif korona di Indonesia, suami dari Melati ini, tak mengenal lelah demi menjaga masyarakat Babel dari Korona. Ia langsung turun ke sejumlah daerah untuk memastikan secara langsung kesiapan kabupaten/kota di Babel mencegah masuknya virus korona tersebut.

Baca Juga: Masuk Pintu Bandara Penumpang Dilarang Bersentuhan

Mulai dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang terus ke Pelabuhan Sadai serta Pulau Lepar di Kabupaten Bangka Belitung dikunjunginya dalam sehari.

"Maaf pak. Maskernya agak dibuka,"pinta salah satu Staf ASN Pemprov Babel ketika Erzaldi bersama rombongan meninjau kesiapan pelabuhan Pangkalbalam mencegah korona.

Erzaldi pun tak canggung untuk membetuli masker berwarna jingga yang ia kenakan. Tak berselang lama langkah kaki langkah kaki lelaki gempal bertopi itu berhenti, ia bertanya maksud tanda-tanda silang hitam yang ada di kursi. "Tanda silang ini apa," tanya Erzaldi.

"Ini kita buat agar saat duduk ada jarak antara satu penumpang dengan penumpang lainya sehingga mereka tidak bersentuhan," kata Kepala KKP Pangkalpinang, Bangun yang berdiri di samping kiri Gubernur.

Baca Juga: Babel Siap Alokasi Kucurkan Dana untuk Korona

Bangun melanjutkan, "Saat ini masih kosong pak, belum ada penumpang karena kapal belum masuk, saat kosong ini lah seluruh kursi di terminal penumpang disemprot dengan disinfektan.''

"Berarti semua sudah siap sebagai bentuk antisipasi ya, termasuk tenaga medis," celetuk Erzaldi kepada kepala KKP yang langsung diiyakan Bangun.

Erzaldi mengatakan dirinya sengaja turun langsung untuk memantau pintu-pintu masuk di Babel mulai dari pelabuhan dan bandara. "Saya mau pastikan SOP pencegahan korona ini sudah dijalankan. Seperti Penyemprotan fasilitas umum dan medisnya, bagaimana saya cek semua," ujarnya.

Ia mengaku dalam melakukan antisipasi ini berat sekali jika masyarakat tidak disiplin. Seperti pemerintah memberikan kesempatan siswa belajar di rumah, tapi orangtua tidak mengawas, malah ajak anak main ke tempat-tempat keramaian. "Yang seperti ini peluang masyarakat cepat terpapar korona," imbuhnya.

"Kita harus gotong royong cegah korona ini, makanya kita himbau masyarakat tidak usah keluar terlalu malam, kalau bisa jam 8 malam itu sudah pulang, jangan berlama-lama di cafe-cafe," sarannya.

Ia mengaku orang yang sehat bisa jadi pembawa virus korona, apabila bertemu dengan orang yang sakit akan mudah terpapar.

"Saya minta setiap hari fasilitas umum harus disemprot dengan cairan disinfektan. Kita akan melakukan pengadaan cairannya. Insyallah minggu-minggu ini sudah ada," janjinya.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Manfaatkan Social Distancing untuk Liburan

Untuk di Babel sendiri sudah 7 orang pasien dalam pengawasan dan 2 Orang Dalam Pantauan sedangkan 4 orang di isolasi mandiri.

"Perkembangan cukup siginifikan di Belitung, Forkomida Belitung agar lebih intensif lakukan pencegahan, hari ini akan saya panggil," terangnya.

Ia menambahkan untuk penanganan pecegahan korona ini, DPRD Babel sudah menyetujui anggaran Rp25 miliar. Anggaran ini harus benar-benar dipergunakan.

Selanjutnya Gubernur dan Kapolda, melanjutkan untuk memantau kesiapsiagaan pencegahan korona di pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Bangka dan pelabuhan di Bangka Barat. (RF/OL-10)

Baca Juga

MI/Alexander P. Taum

176 Penumpang KM Lambelu yang Dikarantina Jalani Rapid Test Covid

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 09 April 2020, 15:10 WIB
PEMKAB Sikka mendapat bantuan 1000 alat Rapid Tes dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Bantuan tersebut berasal dari Yayasan Buddha Tzu Chi...
Istimewa

Perampok Bersenpi Gasak Uang Puluhan Juta di Jambi

👤Solmi 🕔Kamis 09 April 2020, 14:50 WIB
DI tengah suasana galau pandemi virus korona (Covid-19), warga Kota Jambi dihebohkan aksi perampokan bersenjata api (senpi), Rabu sore...
MI/Adi Kristiadi

Warga Terkejut Polres Tasikmalaya Gelar Razia Masker

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 09 April 2020, 14:45 WIB
PENGENDARA terkaget-kaget karena takut ditilang, ternyata malah diberikan masker gratis untuk mencegah sebaran Covid-19. Petugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya