Kamis 19 Maret 2020, 10:23 WIB

Whatsapp Buat Hub Informasi Virus Korona

Lufthi Anggraeni | Teknologi
Whatsapp Buat Hub Informasi Virus Korona

MI/Ramdani
Whatsapp

MEDIA sosial telah ramaikan dengan misinformasi terkait situasi kesehatan publik saat ini dan raksasa teknologi berupaya mengendalikan situasi tersebut. Kini, Whatsapp juga bergabung dalam upaya ini untuk melindungi publik dari berita palsu terkait virus korona.

Whatsapp mengumumkan platformnya menyediakan hub informasi, hasil kerja sama dengan WHO, UNICEF, dan UNDP. Platform itu menawarkan panduan, informasi umum dan tips untuk memerangi penyebaran dari misinformasi, yang memicu panik akibat situasi saat ini.

Selain itu, platform itu juga akan menyediakan hotline yang memungkinkan masyarakat mengirimkan pesan dan mendapatkan panduan. Whatsapp juga menyebut akan mendonasikan sebanyak US$1 juta (Rp15,5 miliar) ke Poynter Institute International Fact-Checking Network (IFCN).

Baca juga: IBM Sediakan Sistem Pintar Bantu Penelitian Obat Virus Korona

Donasi itu ditujukan untuk memerangi unggahan tidak besar terkait dengan Covid-19. Whatsapp mendorong masyarakat untuk memastikan mereka hanya membaca informasi dari sumber terpercaya dan jika tidak yakin, tidak meneruskan pesan guna membantu membatasi penyebaran misinformasi.

Selain itu, Direktur IFCN Baybars Orsek menyebut Fact-Checking Network akan bekerja sama dalam menentukan cara penyebaran misinformasi di Whatsapp dan mengembangkan alat untuk mendeteksi dan melakukan moderasi dengan lebih baik. (OL-1)

Baca Juga

Istimewa

Terjadi Lonjakan Penggunaan Data Internet Selama WFH

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 April 2020, 08:38 WIB
Layanan video conference langsung menjadi populer sebagai penunjang meeting...
AFP/ Olivier DOULIERY

Facebook Habiskan Rp1,6 Triliun Perangi Hoaks Covid-19

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 07:19 WIB
Facebook bahkan melarang taktik eksploitatif dalam iklan, dan melarang iklan untuk masker medis, pembersih tangan, tisu desinfektan, dan...
AFP/ Lionel BONAVENTURE

Cegah Penyebaran Hoaks Covid-19, WhatsApp Batasi Fitur Forward

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 10:52 WIB
WhatsApp akan membatasi fitur meneruskan pesan. Pengguna hanya bisa meneruskan pesan tersebut ke satu obrolan (chat) dalam satu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya