Kamis 19 Maret 2020, 08:31 WIB

KCI Pastikan Penumpang yang Sakit di KRL bukan Covid-19

mediaindonesia.com | Megapolitan
KCI Pastikan Penumpang yang Sakit di KRL bukan Covid-19

Dok KCI
Tangkapan layar video penumpang KRL yang sakit.

 

KCI memastikan penumpang KRL yang sakit dalam perjalanan ke Bogor bukan karena virus korona atau Covid-19. Hal itu ditegaskan VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, dalam keterangan resmi, Kamis (19/3).

Sebelumnya, kata Anne, petugas pengamanan dan petugas kesehatan PT Kereta Commuter Indonesia membantu seorang pengguna yang terindikasi mengalami sakit di KRL KA 1576 tujuan Bogor, Selasa (17/3) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Petugas kemudian membantu pengguna tersebut dan membawanya ke pos kesehatan Stasiun Pondok Cina. Setelah mendapat perawatan di pos kesehatan, pengguna mengaku memiliki riwayat sakit lambung dan malam itu yang bersangkutan telat makan," imbuhnya.

Baca juga: Polri Tindak Tegas Penyebar Hoaks Korona

Usai diberi air hangat dan obat, pengguna tersebut pulih, kemudian keluar dari stasiun untuk melanjutkan perjalanan pulang.

"Pos kesehatan di Stasiun Pondok Cina merupakan satu dari 30 pos kesehatan yang tersedia di stasiun-stasiun KRL untuk melayani pengguna bila mengalami masalah kesehatan," ungkap Anne.

Petugas di poskes, lanjutnya, berlatar belakang perawat dan bidan. Pengguna KRL yang telah memiliki tiket dapat menggunakan fasilitas layanan ini.

Menurut Anne, dalam situasi darurat bencana nonalam wabah virus korona seperti saat ini, PT KCI meminta semua pihak tidak asal membuat dokumentasi dan menyebarkannya melalui berbagai media sosial maupun aplikasi pesan baik secara sengaja maupun tidak.

"Tanpa penjelasan yang benar dan lengkap, mereka yang menyebarkan foto atau video semacam ini dapat terjerat pada penyebaran berita bohong, fitnah, maupun misinformasi dan disinformasi yang mengganggu kepentingan publik, tegasnya.

Tindakan ini tentu berlawanan dengan Undang Undang no. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dibandingkan membuat dokumentasi, KCI mengajak masyarakat terutama para pengguna KRL untuk mengutamakan membantu sesama pengguna dan segera memberi tahu kepada petugas. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PSBB Diterapkan, Kendaraan Menuju Jakarta Justru Naik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 20:47 WIB
Status PSBB tak membuat kepadatan kendaraan di gerbang tol utama Jakarta menurun. Sebaliknya, jumlah kendaraan menjngkat di empst gerbang...
istimewa

Kota Bogor Segera Ajukan PSBB ke Kemenkes

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:30 WIB
PSBB tidak bisa dilakukan oleh DKI Jakarta saja, atau Bogor saja. Jika PSBB dilakukan secara bersama-sama, se-Jabodetabek hasilnya jauh...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:25 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya