Kamis 19 Maret 2020, 08:20 WIB

Perbatasan AS-Kanada Akhirnya Ditutup karena Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Perbatasan AS-Kanada Akhirnya Ditutup karena Covid-19

AFP/BRENDAN SMIALOWSKI
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah sepakat untuk menutup perbatasan AS-Kanada untuk semua perjalanan yang tidak penting dalam upaya untuk menekan penyebaran virus covid-19.

"Kami, dengan persetujuan bersama, untuk sementara waktu menutup perbatasan utara kami dengan Kanada," cuit Trump dalam akun Twitter-nya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/3). Untuk perdagangan, lanjutnya, tidak akan terpengaruh dengan penutupan perbatasan tersebut.

Kedua negara sudah mengeluarkan larangan bepergian, tetapi telah melakukan pengecualian satu sama lain. Kanada bergantung pada AS untuk sekitar 75% dari ekspornya.

Trudeau mengatakan bahwa pihaknya dan AS membahas perubahan aturan tersebut pada Rabu (18/3). "Saya ingin memperjelas bahwa perjalanan yang penting masih akan berlanjut," katanya pada konferensi pers.

"Tidak peduli siapa Anda atau apa yang Anda lakukan, ini adalah waktunya ketika Anda harus fokus pada kesehatan Anda dan tetangga Anda. Bukan: apakah Anda akan kehilangan pekerjaan, apakah Anda akan kehabisan uang untuk makanan atau obat-obatan," katanya.

Baca juga: Menlu AS Terus Sebut Covid-19 Sebagai Virus Wuhan

Rincian dari kesepakatan akhir belum dirilis secara tertulis, tapi kedua pemimpin telah menekankan bahwa perdagangan lintas batas tidak akan diblokir. Rantai pasokan harus dijaga. "Itu adalah sesuatu yang kami tetap berkomitmen," kata Trudeau.

Sekitar $2 miliar barang dan jasa melintasi perbatasan AS-Kanada setiap hari.

Lebih lanjut, Trudeau mengatakan bahwa warga Kanada yang perlu melakukan perjalanan karena 'alasan mendesak' lainnya juga tidak akan terpengaruh.

Tidak ada jangka waktu yang ditentukan terkait berapa lama penutupan perbatasan itu akan berlangsung. Sebelumnya, Kanada menolak menutup perbatasan dengan mitra dagang terpentingnya.

AS memiliki hampir 8.000 kasus covid-19 di seluruh 50 negara bagian dan sejauh ini tercatat ada 138 kematian akibat virus korona. Sementara, Kanada memiliki 598 kasus yang dikonfirmasi, dengan delapan kematian. (BBC/Nur/OL-14)

Baca Juga

AFP/Martin BUREAU

Tunawisma yang Meninggal di Prancis Tetap Dikubur Secara Layak

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:25 WIB
Badan persaudaraan amal dari Saint Eloi di Bethune tetap melakukan pemakaman secara layak pada tunawisma di tengah wabah covid-19 yang...
Antaranews

149 WNI di Fiji Bebas Covid-19

👤Antara 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:26 WIB
Di Fiji terdapat lima warganya terkena...
AFP/NARINDER NANU

Rawat Pasien Covid-19, Dokter di India Pakai Jas Hujan dan Helm

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 19:02 WIB
Kurangnya alat pelindung diri (APD) di India memaksa beberapa dokter di sana untuk menggunakan jas hujan dan helm sepeda motor saat merawat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya