Kamis 19 Maret 2020, 05:54 WIB

Ijtima Ulama Dunia di Gowa Dipastikan Batal

Whisnu Mardiansyah | Nusantara
Ijtima Ulama Dunia di Gowa Dipastikan Batal

MI/Lina Herlina
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah

 

GUBERNUR Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengonfirmasi acara Ijtima Ulama Dunia zona Asia di Kabupaten Gowa batal digelar. Pembatalan itu merupakan hasil koordinasi Pemerintah Kabupaten Gowa dan Polda Sulawesi Selatan.

"Setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa sepanjang malam ini, acara Ijtima Jemaah Tabligh yang akan berlangsung besok resmi kita batalkan," kata Nurdin di akun Instagram pribadinya @nurdin.abdullah, Kamis (19/3).

Sebelumnya, Pemprov Sumsel dan Pemkab Gowa sudah meminta panitia agar menunda acara tersebut karena merebaknya wabah Covid-19. Namun, panitia tetap menggelar acara dan tamu dari mancanegara kadung berdatangan ke Gowa.

Baca juga: Tanpa Izin, Polisi tak Bubarkan Ijtima Ulama Dunia di Gowa

"Untuk meminimalisasi interaksi para peserta dengan warga di sekitar lokasi acara, kami telah meminta Kepolisian mengisolasi atau membatasi ruang gerak para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga," kata Nurdin.

Pihak keamanan akan mengawal tamu-tamu dari mancanegara kembali pulang ke negara masing-masing. Pengawalan dilakukan di bandara dan pelabuhan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini. Kami berkomitmen menjaga seluruh warga dari kemungkinan penularan virus Covid-19 lebih meluas," jelasnya.

Sebelumnya, Ijtima Ulama Dunia Zona Asia yang digelar di Desa Nirannuang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan diberi waktu hanya satu hari digelar. Keputusan itu diambil lantaran tidak ada lagi cara menghentikan acara ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan pihaknya telah berbicara dengan panitia dan dewan syuro acara itu serta meminta agar acara ini dipercepat.

"Tidak bisa lagi ditunda karena sudah datang semua (pesertanya). Makanya yang ada kita minta pelaksanaannya satu hari saja. Dari rencana lima hari," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL saat dikonfirmasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3). (OL-1)
 

Baca Juga

MI/Kristiadi

Motif Pencuri Mobil Mantan Kapolda, Cuma Ingin Pamer

👤Kristiadi 🕔Selasa 07 April 2020, 08:37 WIB
Pelaku usai mencuri mobil, menggunakan hasil curiannya ini untuk bergaya dan pamer kepada teman-teman...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Satu Lagi Pasien PDP di Manggarai Barat Meninggal

👤John Lewar 🕔Selasa 07 April 2020, 08:12 WIB
Pasien berinsial INW, 83 merupakan PDP asal Dompu Tente, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang meninggal di RS Siloam, tinggal di Serenaru,...
ANTARA/ABRIAWAN ABHE

Antisipasi Banjir, Pintu Air Bendungan Bili-bili Dibuka

👤Lina Herlina 🕔Selasa 07 April 2020, 07:28 WIB
Pembukaan pintu air dilakukan karena curah hujan yang tinggi di hulu Sungai Jeneberang, sehingga mengakibatkan debit air Bendungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya