Rabu 18 Maret 2020, 20:00 WIB

Gandeng Masyarakat Olah Sampah Plastik, KNI Diganjar Penghargaan

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Gandeng Masyarakat Olah Sampah Plastik, KNI Diganjar Penghargaan

Dok. KNI
Penghargaan IGA 2020 untuk PT. KNI

 

PENGOLAHAN sampah plastik oleh PT. Kaltim Nitrate Indonesia sukses meraih penghargaan Indonesia Golden Awards (IGA) 2020 dari The La Tofi School of CSR di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (18/3). 

Pengolahan sampah plastik perusahaan yang berbasis di Bontang, Kalimantan Timur itu menggandeng Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek untuk mengolah sampah plastik.

Infrastructure Operations IT Manager KNI Hadi Andriatomo yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, pihaknya menjadikan pengolahan sampah plastik jadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Hadi menjelaskan, pihaknya menggandeng KSM Anggrek yang sudah berdiri sejak 2012 lewat PNPM Mandiri untuk mengolah sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomis. 

"Kami memberikan pendanaan. Berbekal keterampilan menjahit, pendanaan tersebut digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana untuk mengelola sampah. Kemudian pelatihan kelembagaan juga dilakukan untuk meningkatkan kapasistas kelompok dalam mengolah limbah menjadi produk bernilai ekonomis," kata Hadi dalam keterangan persnya.

Baca juga : Inspeksi Pabrik Bahan Peledak,Kemenhan Ingin Produk Lokal Berjaya

KSM Anggrek didirikan untuk melakukan pemilahan sampah yang dapat didaur ulang dan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Bentuk dari daur ulang tersebut berupa mengolah kembali sampah plastik menjadi aneka produk tas kantong.

Proses yang dijalankan meliputi pengumpulan sumber bahan baku, kemudian dilakukan proses pencucian, pembentukan pola, pemotongan pola hingga dijahit menjadi aneka produk tas kantong.

Selanjutnya dilakukan uji kualitas produk mulai dari kerapihan jahitan dan uji ketahanan terhadap beban. Setelah itu produk dikemas untuk kemudian siap dipasarkan.

"Ini merupakan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui program-program pemberdayaan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat khususnya dalam hal penanganan sampah plastik," pungkas Hadi. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok The Media Hotel & Tower

PT Savoria Sumbang Minuman Isotonik dan Masker ke The Media Hotel

👤Henri Siagian 🕔Selasa 07 April 2020, 18:16 WIB
Bantuan untuk tenaga medis dan relawan yang ada di hotel bintang lima itu diterima oleh Director The Media Hotel & Tower Rachmadi...
DOK PARTAI GOLKAR

Golkar Kembali Sumbang Alat Pencegahan Covid-19 Untuk Tangsel

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 17:13 WIB
Selain disinfektan, Golkar juga menyumbang 15 galon hand sanitizer untuk...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Kebutuhan Ventilator di Indonesia Baru Terpenuhi Separuh

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 07 April 2020, 16:57 WIB
Saat ini jumlah ventilator di ruang ICU rumah sakit pemerintah (BUMN) baru mencapai 50%. Padahal kebutuhan ventilator untuk penanganan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya