Rabu 18 Maret 2020, 20:00 WIB

Gandeng Masyarakat Olah Sampah Plastik, KNI Diganjar Penghargaan

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Gandeng Masyarakat Olah Sampah Plastik, KNI Diganjar Penghargaan

Dok. KNI
Penghargaan IGA 2020 untuk PT. KNI

 

PENGOLAHAN sampah plastik oleh PT. Kaltim Nitrate Indonesia sukses meraih penghargaan Indonesia Golden Awards (IGA) 2020 dari The La Tofi School of CSR di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (18/3). 

Pengolahan sampah plastik perusahaan yang berbasis di Bontang, Kalimantan Timur itu menggandeng Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek untuk mengolah sampah plastik.

Infrastructure Operations IT Manager KNI Hadi Andriatomo yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, pihaknya menjadikan pengolahan sampah plastik jadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Hadi menjelaskan, pihaknya menggandeng KSM Anggrek yang sudah berdiri sejak 2012 lewat PNPM Mandiri untuk mengolah sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomis. 

"Kami memberikan pendanaan. Berbekal keterampilan menjahit, pendanaan tersebut digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana untuk mengelola sampah. Kemudian pelatihan kelembagaan juga dilakukan untuk meningkatkan kapasistas kelompok dalam mengolah limbah menjadi produk bernilai ekonomis," kata Hadi dalam keterangan persnya.

Baca juga : Inspeksi Pabrik Bahan Peledak,Kemenhan Ingin Produk Lokal Berjaya

KSM Anggrek didirikan untuk melakukan pemilahan sampah yang dapat didaur ulang dan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Bentuk dari daur ulang tersebut berupa mengolah kembali sampah plastik menjadi aneka produk tas kantong.

Proses yang dijalankan meliputi pengumpulan sumber bahan baku, kemudian dilakukan proses pencucian, pembentukan pola, pemotongan pola hingga dijahit menjadi aneka produk tas kantong.

Selanjutnya dilakukan uji kualitas produk mulai dari kerapihan jahitan dan uji ketahanan terhadap beban. Setelah itu produk dikemas untuk kemudian siap dipasarkan.

"Ini merupakan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui program-program pemberdayaan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat khususnya dalam hal penanganan sampah plastik," pungkas Hadi. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Macet Sejak 2018, Tunjangan Kinerja Karyawan TVRI Akhirnya Turun

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:01 WIB
Setelah berjuang selama tiga bulan, Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno berhasil menyelesaikan tunggakan tunjangan kinerja karyawannya...
Ist

Jelang Sumpah Pemuda, BEM Nusantara Gelar Konsolidasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 08:16 WIB
BEM Nusantara se-Indonesia juga akan mengawal isu UU Cipta Kerja yang tengah berpolemik. Isu itu akan dibawa dalam konsolidasi di...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Ilmuwan Ingatkan Soal Adanya Keraguan Publik pada Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 07:05 WIB
Para peneliti menemukan orang-orang yang paling tidak percaya pada pemerintah adalah mereka cenderung tidak mau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya