Rabu 18 Maret 2020, 22:22 WIB

Tiga RS Swasta Dilibatkan Tangani Pasien Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Tiga RS Swasta Dilibatkan Tangani Pasien Covid-19

Dok. Siloam Hospitals (handout)
Rumah sakit Siloam Kelapa Dua Tangerang yang jadi salah satu dari tiga RS swasta untuk penengana Civid-19

 

RUMAH sakit swasta akan turut menangani pasien positif korona (covid-19) untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus.

Juru bicara penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengatakan sejauh ini sudah tiga rumah sakit swasta yang akan dilibatkan sebagai rujukan selain rumah sakit pemerintah.

Ketiganya yakni Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua Tangerang, Rumah Sakit Mitra Keluarga Jati Asih Bekasi dan Rumah Sakit Hermina Karawang.

"Ada tiga rumah sakit swasta yang sudah mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya dengan total 300 tempat tidur untuk penanganan kasus covid-19. Ketiga rumah sakit ini nanti hanya akan mendedikasikan untuk merawat semua kasus covid-19, sementara kasus lain akan dipindahkan ke rumah sakit lain," kata Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Keputusan pelibatan rumah sakit tersebut, ujar Yurianto, menjadi hasil pertemuan pemerintah dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI).

Baca juga : Tingkat Kematian Pasien Covid-19 di Tanah Air: 8,3%

Pelibatan peran sektor rumah sakit swasta dinilai sudah harus dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pasien covid-19 yang terus bertambah.

Yurianto menambahkan Persi dan ARSSI juga menyatakan komitmen untuk mendedikasikan sarana prasarananya digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan perawatan dan layanan pemeriksaan korona.

Pemerintah juga mengumumkan penambahan laboratorium pemeriksaan spesimen untuk covid-19 yakni jejaring laboratorium RS Siloam Group, jejaring laboratorium Kalbe Farma, dan jejaring laboratorium RS Bunda Group.

"Diharapkan dengan cara ini maka deteksi dini penemuan cepat kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal. Kita tidak lagi terpaku pada rumah sakit-rumah sakit yang ditentukan (RS milik pemerintah) tetapi sektor swasta secara besar secara bersungguh-sungguh untuk melaksanakan," ucap Yuri.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, total rumah sakit rujukan covid-19 hingga kini mencapai 372 di 34 provinsi.

Adapun laboratorium penguji spesimen untuk pemeriksaan covid-19 bertambah menjadi 15 laboratorium. Belasan laboratorium tersebut berada di Jakarta, Surabaya, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Papua. (OL-7)

Baca Juga

Dok PT KCN

PT KCN Membangun Negeri Bersama Melawan Covid-19

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 07 April 2020, 21:20 WIB
PT KCN mencoba ikut berpartisipasi dalam membantu mengurangi beban pemerintah melalui program CSR yang menjadi program rutin, namun...
DOK TANOTO-GUGUS TUGAS

Tanoto Foundation Donasi APD Dukung Gugus Tugas Hadapi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 19:24 WIB
Bantuan APD ini meliputi 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 kaca mata, dan 100.000 baju pelindung ICU dan...
ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

IPC Beri Bantuan Dana Perangi Covid-19

👤Widhoroso 🕔Selasa 07 April 2020, 18:30 WIB
Pandemi Covid-19 bisa teratasi dengan gerakan bersama termasuk partisipasi dunia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya