Rabu 18 Maret 2020, 18:00 WIB

Peran Humas Pengadilan Makin Penting di Era Digital

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Peran Humas Pengadilan Makin Penting di Era Digital

Dok. LSP LSPR
Workshop dan sertifikasi humas pengadilan

 

MENINGKATNYA kebutuhan publik dalam mengakses informasi terkini melalui perkembangan teknologi komunikasi, merupakan strategi yang patut dimanfaatkan oleh Mahkamah Agung (MA) dalam mempublikasikan kinerja dan citra positif pengadilan. 

Hal itu mengemuka dalam workshop and certification hakim juru bicara pengadilan 2020 yang digelar Mahkamah Agung dan Lembaga Sertifikasi Publik London School of Public Relation di Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

"Kehadiran profesi dan pendidikan public relations atau hubungan masyarakat (Humas) semakin dibutuhkan,” tegas Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA Zarof Ricard dalam keterangan persnya, Rabu (18/3).

Menurut Zarof, peran juru bicara dalam menyampaikan informasi, menjadi penting saat mendistribusikan pesan kepada publik. 

“Tuntutan inilah yang menjadi landasan bagi Badan Litbang Diklat Kumdil MA, untuk melaksanakan, mengoordinasikan, serta membina pendidikan dan pelatihan administrasi peradilan, untuk mewujudkan SDM yang dapat memenuhi harapan publik, dan mengantisipasi perubahan yang terjadi di masyarakat,” ujar Zarof.

Baca juga : Polri Mantapkan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kehumasan

Kabid Penyelenggara Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan MA, R Yustiar Nugroho menambahkan,  kegiatan yang diikuti 180 orang hakim juru bicara pengadilan itu, bertujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam bidang pengelolaan informasi dan pesan yang akan disampaikan ke publik. 

“Selain itu, meningkatkan pengetahuan peserta dalam menjalin sinergi dan keakraban dengan rekan media sehingga dapat mengontrol informasi yang akan disampaikan ke publik,” ujar Yustiar Nugroho.

Yustiar menjelaskan, metode pembelajaran yang digunakan berbentuk ceramah, pendalaman materi dan diskusi. 

Sementara untuk evaluasi kepada peserta, dilakukan melalui ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LSPR. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Arif Firmansyah

Langka, Penyandang Disabilitas Produksi Masker

👤Media Indonesia 🕔Rabu 01 April 2020, 01:00 WIB
Para penyandang disabilitas penerima manfaat (PM) di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya, Makassar,...
ANTARA /HARVIYAN PERDANA PUTRA

Dorong Keterbukaan untuk Putus Mata Rantai

👤Atikah Ishmah Wahyu 🕔Rabu 01 April 2020, 00:30 WIB
Keterbukaan informasi pasien positif covid-19 dapat berguna untuk meningkatkan...
Dok. Kemenko PMk

PSBB Diharapkan Percepat Penanganan Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 01 April 2020, 00:00 WIB
Semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koridor UU dan PP serta Keppres...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya