Kamis 19 Maret 2020, 03:30 WIB

Persediaan Kebutuhan Pokok Aman

MI | Nusantara
Persediaan Kebutuhan Pokok Aman

ANTARA

 

PERSEDIAAN kebutuhan pokok di sejumlah daerah di Tanah Air aman untuk tiga bulan ke depan. Masyarakat tidak perlu panik hingga belanja berlebihan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), misalnya, menjamin ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat di tengah merebaknya virus korona.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, menegaskan pihaknya telah mengambil beberapa langkah strategis guna mengantisipasi terjadinya ke­­kosongan dan melambungnya harga kebutuhan pokok akibat aksi borong.

“Salah satu yang kami lakukan ialah menginstruksikan 13 kabupaten/kota untuk membuat surat edaran kepada masyarakat tentang jaminan pemerintah terkait dengan amannya pasokan sembako dan imbauan agar tidak melakukan aksi borong,” ujarnya di Banjarmasin, kemarin.

Saat ini, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kalsel te­rus bergerak naik, tapi masih dalam batas kewajaran. Pemprov terus mengecek dan memantau harga serta ketersediaannya di tingkat distributor ataupun pengecer.

Sebagian besar barang kebutuhan pokok di Kalsel dipasok dari luar daerah, terutama dari Pulau Jawa. Beberapa waktu lalu gula pasir sempat langka  dan harganya melonjak.
Persediaan kebutuhan pokok di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, juga aman untuk tiga bulan ke depan.

Menurut Wali Kota Budi Budiman, darurat virus korona yang terjadi se­ka­rang tidak berimbas pa­­da persediaan dan harga kebutuhan bahan pokok di kota itu karena masih stabil. Kecuali harga gula pasir yang belakangan naik hingga Rp18.500 per kilogram dari semula Rp12.500.

Oleh karena itu, kata Budi, tim inflasi Pemkot Tasikmalaya masih terus memantau kebutuhan komoditas itu.

Pemerintah Kabupaten Karawang juga menyiapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan pokok warga selama masa penanganan dan pencegahan virus korona atau covid-19.

“Kami tengah menyusun strategi perihal penyediaan stok kebutuhan pokok bagi masyarakat bersama Kepala Bagian Perekonomian,” kata Bupati Cellica Nurrachadiana.

Menurutnya, saat ini pemerintah memiliki cadangan 87 ton beras di gudang Bulog.  Kini ia juga tengah berupaya memenuhi kebutuhan protein masyarakat dengan menyiapkan persediaan telur dan daging.


Tidak terhambat

Sementara itu, PT Hutama Karya memastikan pembangunan Tol Trans-Sumatra tidak akan terhambat oleh kebijakan work from home sebagai tindak lanjut instruksi Presiden agar menghindari aktivitas yang melibatkan pertemuan atau per­­kumpulan dalam skala besar.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fau­­zan, mengatakan instruksi itu telah diterapkan di ling­kungan kerja dan wilayah operasional, di kantor pusat atau­­pun di proyek-proyek yang sedang digarap. (DY/RK/CS/AD/N-1)

Baca Juga

dok polres tulungagung

Pospol Digital dari Polres Tulungagung

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 18:02 WIB
Layanan ini sejalan dengan program physical distancing, karena tanpa harus ke kantor polisi, masyarakat bisa berkonsultasi dengan petugas...
Antara

Pemkot Jambi Gratiskan Tagihan PDAM April-Mei

👤Solmi 🕔Senin 06 April 2020, 17:45 WIB
UNTUK mengurangi beban ekonomi warga tardampak pandemi virus korona (Covid-19), Pemerintah Kota Jambi menggratiskan tagihan pemakaian air...
MI/Widjajadi

Hasil Rapid Test di Sukoharjo 89 Negatif, 6 Positif Covid-19

👤Widjajadi 🕔Senin 06 April 2020, 17:10 WIB
TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, memastikan enam warganya positif virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya