Rabu 18 Maret 2020, 20:14 WIB

Bea Cukai Bebaskan Cukai Etil Alkohol untuk Kebutuhan Antiseptik

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Bea Cukai Bebaskan Cukai Etil Alkohol untuk Kebutuhan Antiseptik

AFP Photo
Ilustrasi hamd sanitizer yang dibuat dengan alkohol

 

DIREKTORAT Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan membebaskan cukai etil alkohol sebagai bahan baku penolong untuk tujuan sosial dan pembuatan hand sanitizer, surface sanitizer dan antiseptik.

Itu dilakukan sebagai respon pencegahan penyebaran meluasnya pandemi Covid-19 (virus korona) di Tanah Air. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, pengusaha pabrik atau tempat penyimpanan etil alkohol dapat mengajukan permohonan pembebasan cukai.

Asalkan, ada bukti pemesanan etil alkohol itu dilakukan oleh instansi pemerintah maupun non-pemerintah yang berkaitan dengan penanganan virus korona.

"Jika pemesanan dilakukan oleh instansi pemerintah, cukup dengan surat pernyataan dari pimpinan instansi pemerintah yang menyatakan etil alkohol tersebut akan digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19," imbuh Heru melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (18/3).

"Sementara itu, jika pemesanan dilakukan oleh organisasi non-pemerintah, cukup dengan surat rekomendasi dari instansi pemerintah yang menangani penanggulangan bencana," jelasnya.

Baca juga : Lawan Covid-19, Kemendag Permudah Izin Impor Alat Kesehatan

Pembebasan cukai etil alkohol itu, lanjut Heru, merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan 172/PMK.04/2019 dan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai 43/BC/2017.

Selain itu, Heru meminta kepada jajarannya untuk mempercepat pelayanan dan bmbingan teknis tekait dengan pembebasan cukai untuk penanggulangan virus korona.

"Kami akan melakukan percepatan pelayanan dan bimbingan teknis terkait pembebasan cukai etil alkohol untuk tujuan sosial dan yang digunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong untuk hand sanitizer, surface sanitizer, antiseptik, dan sejenisnya," tutur Heru.

Sebagai pedomannya kemudahan pembebasan cukai etil alkohol, Bea Cukai telah menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai SE-04/BC/2020 yang ditandatangani pada 17 Maret 2020. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Potensi Sentimen Positif dari UU Cipta Kerja

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:14 WIB
Di kuartal IV, diprediksi tren pemulihan ini masih berpotensi terjadi, didukung oleh akselerasi penyerapan anggaran penanganan pandemi...
ANTARA/Nova Wahyudi

Faktor Eksternal Pengaruhi Rupiah Menguat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:59 WIB
Kesenjangan antara Partai Republik dan Partai Demokrat telah berkurang setelah Presiden AS Donald Trump mengindikasikan bahwa ia bersedia...
dok uns

UU Cipta Kerja Sederhanakan Regulasi yang Mempersulit Sektor Ritel

👤RO/Micom 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:58 WIB
Deregulasi akan mengurangi celah korupsi berbentuk pungutan liar (pungli). Praktik kotor itu memengaruhi peningkatan ongkos...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya