Kamis 19 Maret 2020, 01:30 WIB

NasDem dan PKS Usul Pemilihan DKI-2 Ditunda

NasDem dan PKS Usul Pemilihan DKI-2 Ditunda

Ilustrasi

 

FRAKSI NasDem dan PKS di DPRD DKI mengusulkan agar proses pemilihan calon wakil gubernur DKI Jakarta, diundur. Kedua fraksi menilai sangat berisiko mengumpulkan banyak orang di tengah merebaknya virus korona baru (covid-19).

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino meminta agar panitia pemilihan tidak memaksakan kehendak. Ia juga membenarkan bahwa ada anggota DPRD DKI yang positif korona. “Padahal sudah jelas-jelas arahan presiden dan gubernur, jangan kumpul-kumpul dulu segala macam, jangan sepelekan ini (covid-19),” kata Wibi ketika dihubungi, kemarin.

Sekretaris Fraksi PKS DKI Achmad Yani, mengatakan dasar usulan penundaan itu ialah situasi pandemi virus covid-19 yang telah menjadi wabah. Menghindari kerumunan lebih baik guna mencegah penularan virus tersebut.

Terpisah, Ketua Panitia Pemilihan (panlih) Wagub DKI dari Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah, menegaskan pemilihan tetap sesuai jadwal yang disepakati dalam rapat badan musyawarah, yaitu Senin (23/3) mendatang. “Kalau memang beberapa hari ke depan ada kondisi-kondisi luar biasa terkait korona, nanti akan diambil alih oleh pimpinan DPRD untuk dievaluasi lagi keputusannya,” jelas Farazandi.

Ia menyebut panitia juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI mengenai protokol pencegahan covid-19, seperti sterilisasi gedung, seting tempat duduk, dan lain sebagainya.

Anggota Panlih, Andyka, menambahkan pihaknya akan membatasi jumlah orang yang menghadiri acara.

Panitia memastikan maksimal 200 orang berada di dalam ruang rapat paripurna. Panitia pun menyediakan layar lebar di depan ruang pemilihan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan acara, termasuk tempat bagi pewarta. (Put/Ins/Ssr/J-3)

Baca Juga

Dok. Humas DPRD DKI

Soal DKI-2: PKS Jelas Tak Mampu Tandingi Lobi Kuat Gerindra

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 06 April 2020, 19:20 WIB
Pengamat politik Usep S Ahyar menilai terpilihnya Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta karena pengaruh Gerindra yang...
Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi.

Seorang Transgender di Jakarta Utara Tewas Dibakar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 06 April 2020, 19:16 WIB
Seorang transgender perempuan atau transpuan bernama Mira diduga dibakar hidup-hidup oleh sejumlah orang di kawasan Cilincing, Jakarta...
Dok. Perempuan Tangguh Indonesia

Aksi Kemanusiaan Gotong Royong Siaga Covid-19

👤Sri Purwandhari 🕔Senin 06 April 2020, 18:15 WIB
Pandemi covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor di mana-mana. Banyak yang menjadi korban, tapi gerakan kemanusiaan terus bermunculan....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya