Kamis 19 Maret 2020, 00:30 WIB

Anggaran sudah Disiapkan

Marliansyah | Nusantara
Anggaran sudah Disiapkan

Antara
Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan

 

DANA tidak jadi masalah, ketika wabah sudah datang. Karena itu, Helmi Hasan, Wali Kota Bengkulu, berjanji akan menggulirkan dana besar untuk penanggulangan wabah korona.
 
“Setiap tenaga medis di rumah sakit daerah yang terjun langsung menangani pasien korona, kami akan beri insentif sebesar Rp300 ribu per hari. Pemkot Bengkulu juga akan memberikan santunan Rp200 juta untuk dokter atau perawat yang tertular saat menangani pasien,” janji Helmi, kemarin.

Karena itu, ia meminta tim medis rumah sakit daerah milik Pemkot Bengkulu bekerja dan melayani warga sesuai standar dan prosedur. Uang tidak bisa menggantikan nyawa, namun dana itu merupakan wujud penghormatan atas kerja keras tim medis.

“Pemkot akan serius dan sungguh-sungguh memberikan pelayanaan maksimal kepada setiap warga yang terkena virus. Sampai saat ini, belum ada warga yang terjangkit, dan kami berharap tidak ada warga Kota Bengkulu yang mengalaminya,” tandas Helmi.

Kesungguhan untuk menanggulangi korona juga menular di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain pemerintah provinsi, DPRD juga merestui penggunaan dana tak terduka sebesar Rp14,8 miliar untuk mempercepat penanganan korona.

“Jika dana itu kurang, DPRD akan melakukan redesain APBD 2020,” tegas Ketua Komisi A DPRD Eko Suwanto.

Di Kalimantan Tengah, Gubernur Sugianto Sabran juga sudah siap bergerak. “Kami menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk siaga darurat korona. Kalteng juga sudah membentuk satgas pencegahan korona,” tuturnya.

Sementara di Nusa Tenggara Timur, seperti diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah Zakarias Moruk, anggaran sebessar Rp4 miliar sudah dicairkan untuk menghadapi korona.
“Dana sudah dibelanjakan untuk kebutuhan pencegahan dan penanganan, seperti alat pelindung diri, peralatan, penyiapan ruang isolasi dan disinfektan.”


Mulai bergerak

Tidak mau ketinggalan dari pemerintah provinsi, para bupati dan wali kota juga sigap bergerak. Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, misalnya, telah menyiapkan anggaran tidak terduga sebesar Rp5 miliar.

“Daerah kami dinilai paling rawan korona. Karena itu, kami sudah bergerak membeli perlengkapan dan obat-obatan,” papar Wali Kota Hendrar Prihadi.

Antisipasi yang sama juga diperlihatkan Pemkot Salatiga. Mereka mengucurkan anggaran Rp3 miliar. “Rp600 juta di antaranya sudah dikucurkan. Kami mengambil dana dari pemangkasan anggaran kegiatan dinas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Siti Zuraidah.

Masih di Jawa Tengah, Pemkab Banyumas menyediakan dana Rp3,8 miliar. “Dengan dana itu, kami bisa menggratiskan biaya pemeriksaan dan perawatan pasien dengan gejala korona. Pelayanan bisa dilakukan di RUSD Banyumas, RSUD Ajibarang dan seluruh puskesmas,” ungkap Bupati Achmad Husein.

Sementara di Padang, Sumatra Barat, Wali Kota Mahyeldi Ansharullah memastikan pihaknya tidak akan hitung-hitungan jika sudah menyangkut nyawa orang banyak. “Untuk sementara, kami siapkan dana Rp4 miliar untuk membeli disinfektan dan perlengkapan medis.”

Dana sebesar Rp1 miliar juga sudah disiapkan Pemkot Tasikmalaya, Jawa Barat. Pemkab Tapanuli Utara, Sumatra Utara, juga mulai bergerak dengan sokongan dana Rp800 juta. (AT/AU/SS/PO/PT/JL/AS/HT/LD/TS/YH/RK/DW/AD/CS/BY/JH/YP/AP/N-2)

Baca Juga

Antara

Usai Lebaran Harga Ikan di Sungailiat Stabil

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:24 WIB
Harga ikan secara eceran di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sungailiat, Bangka Belitung, setelah Lebaran 2020 masih cukup stabil karena daya...
Antara/Moch Asim

Kasus Covid-19 Tinggi, Khofifah Perpanjang Belajar Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 19:03 WIB
Kasus positif covid-19 di Jawa Timur mencapai 4.857 orang dan 396 orang dinyatakan meninggal...
Antara

Pedagang Pasar Tradisional Cirebon Positif Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 19:02 WIB
PEDAGANG Pasar Tradisional di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah setelah beberapa hari yang lalu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya