Rabu 18 Maret 2020, 19:14 WIB

Lawan Covid-19,  Kemendag Permudah Izin Impor Alat Kesehatan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Lawan Covid-19,  Kemendag Permudah Izin Impor Alat Kesehatan

Antara
Masker menjadi salah satu komoditas yang dipermudah masuk ke Indonesia oleh Kemendag

 

KEMENTERIAN Perdagangan mengimplementasikan kebijakan mempermudah ixin impor alat kesehatan sebagai upaya untuk menangkal wabah Covid-19 di Indonesia.

Baca juga Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, beberapa produk impor alat kesehatan yang dipermudah masuk ke Indonesia, salah satunya adalah masker.

"Kalau memang kondisinya urgent seperti masker. Nanti kita permudah untuk impor barang-barang tersebut,” kata Agus dalam telekonferensi Pers, Rabu (18/3).

Agus menjelaskan,  izin kemudahan impor hanya diberikan kepada alat kesehatan yang memiliki stok menipis, namun banyak permintaan, dan juga produksi alat kesehatan dalam negeri tidak bisa memenuhi permintaan pasar.

Alat kesehatan yang akan dipermudah yakni masker dan hand sanitizer yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, seiring banyaknya permintaan pasar.

Baca juga : Presiden Jamin Ketersediaan Pangan

Saat ini Kemendag tengah membuat surat edaran bagi produsen maupun importir untuk memenuhi kebutuhan masker di dalam negeri.

“Sekarang proses-proses edaran memang sudah kita imbau juga peritel disesuaikan (pembelian dari konsumen) dengan petunjuk daripada Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan resmi melarang kegiatan ekspor sementara sejumlah komoditi pelindung diri dari virus Covid-19. Seperti antiseptik, bahan baku masker, alat pelindung diri, dan masker.

Peraturan itu dikeluarkan hari ini, Rabu (18/3), melalui Peraturan Mendag Nomor 23 Tahun 2020 serta mulai berlaku esok hari, Kamis (19/3), hingga 30 Juni 2020 ini. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

UU Cipta Kerja Mengantisipasi Bonus Demografi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:56 WIB
Pada 2030, sekitar 60% penduduk Indonesia merupakan usia produktif. Sehingga, dibutuhkan penciptaan lapangan kerja lebih besar melalui...
Antara/Dhemas Revityanto

Kemenaker Gandeng Pengusaha dan Serikat Pekerja Susun Empat RPP

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:04 WIB
"Kami menyiapkan empat RPP sebagai turunan dari UU Cipta Kerja. Kalau di UU Cipta Kerja itu kan kita punya waktu tiga bulan, tapi...
MI/Reza Sunarya

​​​​​​​Kemenhub Ungkap Calon Kuat Operator Pelabuhan Patimban

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 23:59 WIB
Dari lima peserta lelang, hanya satu konsorsium yang memenuhi semua kriteria. Namun, Kemenhub optimistis calon operator dapat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya