Rabu 18 Maret 2020, 17:57 WIB

Harga Bawang Putih dan Bombay Meroket

M. Iqbal Al Machmudi  | Ekonomi
Harga Bawang Putih dan Bombay Meroket

Antara
Harga bawang putih meroket

 

KEMENTERIAN Perdagangan memberikan perhatian khusus terhadap komoditi gula pasir, bawang putih dan bawang bombay yang dinilai naik harganya mencapai 100%.

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, mengatakan bahwa harga-harga nasional barang kebutuhan pokok hingga 17 Maret 2020 harga-harga nasional relatif stabil hanya khusus gula pasir ada kenaikan sebesar Rp17 ribu hal ini memang diatas 36% dari HIT yang ditetapkan.

"Namun, khusus untuk komunitas gula pasir, bawang putih, dan bawang bombay menjadi perhatian khusus mengingat stok terbatas," kata Agus, melalui jumpa pers daring, Rabu (18/3).

Pemerintah juga terus mengantisipasi ketersediaan kebutuhan pokok untuk masyarakat yang secara umum. Meski begitu kebutuhan pokok cukup sampai lebaran puasa 2020.

Sementara, harga rata-rata nasional bawang putih sudah mengalami penurunan tapi masih tinggi dibanding dengan bulan lalu, yaitu sekitar Rp42 ribu.

"walaupun hal ini kita antisipisasi harga normalnya jauh dari harga sekarang. Sama sepeti itu, harga bawang bombay juga tidak normal kenaikan melebihi 100%," ungkapnya.

Kenaikan bawang putih dan bawang bombay tersebut imbas dari meluasnya virus korona (Covid- 19). Wabah yang sudah masa pandemi sehingga kasus wabah ditentukan penanggulangan bencana, darurat diperpanjang hingga 9 mei 2020. (OL=2)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Swasembada Bawang Putih Makin Menjauh Akibat Aturan Dilanggar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:28 WIB
selain menabrak UU No.13 Tahun 2010 tentang Hortikultura, juga sekaligus menyepelekan UU 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan...
MI/Putra Ananda

Pengusaha Garmen: Harga APD Rp50 Ribu karena Calo Jadi Rp1 Juta

👤Putra Ananda 🕔Senin 30 Maret 2020, 19:37 WIB
"Karena oknum dan calon tersebut, akibatnya harga APD yang beredar di pasaran saat ini melonjak hingga Rp300 ribu-Rp1 juta, padahal...
Antara/Idhad Zakaria

Menteri BUMN Pastikan Proyek Strategis Terus Berjalan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 30 Maret 2020, 18:44 WIB
"Penting juga memberi sinyal positif bahwa di tengah-tengah kita amat fokus pada penanggulangan korona. Tapi tetap ekonomi kita harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya