Rabu 18 Maret 2020, 17:57 WIB

Harga Bawang Putih dan Bombay Meroket

M. Iqbal Al Machmudi  | Ekonomi
Harga Bawang Putih dan Bombay Meroket

Antara
Harga bawang putih meroket

 

KEMENTERIAN Perdagangan memberikan perhatian khusus terhadap komoditi gula pasir, bawang putih dan bawang bombay yang dinilai naik harganya mencapai 100%.

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, mengatakan bahwa harga-harga nasional barang kebutuhan pokok hingga 17 Maret 2020 harga-harga nasional relatif stabil hanya khusus gula pasir ada kenaikan sebesar Rp17 ribu hal ini memang diatas 36% dari HIT yang ditetapkan.

"Namun, khusus untuk komunitas gula pasir, bawang putih, dan bawang bombay menjadi perhatian khusus mengingat stok terbatas," kata Agus, melalui jumpa pers daring, Rabu (18/3).

Pemerintah juga terus mengantisipasi ketersediaan kebutuhan pokok untuk masyarakat yang secara umum. Meski begitu kebutuhan pokok cukup sampai lebaran puasa 2020.

Sementara, harga rata-rata nasional bawang putih sudah mengalami penurunan tapi masih tinggi dibanding dengan bulan lalu, yaitu sekitar Rp42 ribu.

"walaupun hal ini kita antisipisasi harga normalnya jauh dari harga sekarang. Sama sepeti itu, harga bawang bombay juga tidak normal kenaikan melebihi 100%," ungkapnya.

Kenaikan bawang putih dan bawang bombay tersebut imbas dari meluasnya virus korona (Covid- 19). Wabah yang sudah masa pandemi sehingga kasus wabah ditentukan penanggulangan bencana, darurat diperpanjang hingga 9 mei 2020. (OL=2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:25 WIB
Meski di tengah situasi pandemi Covid-19, para peserta FIKSI 2020 telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha...
Antara

Presiden Optimistis Perekonomian Lekas Membaik, Ini Indikatornya

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:35 WIB
"Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini Insyaallah mampu...
ANTARA/Abriawan Abhe

Tiga Bulan, Tripartit Nasional Bahas RPP Turunan UU Ciptaker

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:30 WIB
Saat ini pemerintah bersama Tripartit Nasional (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan SP/SB) dan akademisi telah mulai membahas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya