Rabu 18 Maret 2020, 16:22 WIB

Orang Berstatus ODP Korona di NTT Bertambah Jadi 15 Orang

Palce Amalo | Nusantara
Orang Berstatus ODP Korona di NTT Bertambah Jadi 15 Orang

MI/Palce Amalo
Seorang penumpang mencuci tangan dengan hand sanitizer saat check in di Bandara Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (17/3).

 

Jumlah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus korona (covid-19), Rabu (18/3), bertambah menjadi 15 orang. Jumlah ini naik dari sehari sebelumnya yang berjumlah delapan orang. 

"Sampai dengan siang ini terdapat 15 orang yang masuk dalam ODP," kata Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggu Mere kepada wartawan. 

Menurutnya, tambahan ODP berasal dari Kota Kupang.

Baca Juga: Delapan Orang Berstatus ODP Korona di NTT

Dari dari jumlah itu, empat dari lima orang yang sebelumnya dirawat di RS WZ Johannes Kupang dipulangkan karena negatif korona. Ditambah dua ODP baru pada Rabu, sehingga jumlah ODP yang dirawat di rumah sakit rujukan korona tersebut sebanyak tiga orang.

Dua orang lainnya dirawat di ruang isolasi RS TC Hillers, Maumere, Kabupaten Sikka. Sedangkan ODP lainnya yakni enam siswa yang baru kembali dari Jepang. Mereka tidak menjalani perawatan di rumah sakit, namun kesehatan mereka tetap dipantau.

"Mereka (siswa) tidak menginap, tetapi dalam pemantauan medis," tambah Kepala Biro Humas Setda NTT Marius Jelamu.

Menurut Marius, persoalan yang timbul ialah rumah sakit rujukan korona masih kekurangan banyak sarana dan prasarana untuk penanganan ODP korona terutama masker N-95 untuk dipakai tenaga medis, kacamata, sarung tangan, cairan disinfektan, dan masker. "Sekarang barang-barang itu justru tidak ada," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah telah minta bantuan distributor di Pulau Jawa untuk mengirim bantuan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan virus korona. Saat ini alat pengaman diri di rumah sakit WZ Johannes hanya delapan unit. "Kita mengusulkan tambahan 200 set APD ke distributor di Denpasar," ujarnya. (PO/OL-10)
 

Baca Juga

ANTARA/Abriawan Abhe

Cegah Covid-19, Umat Kristen di Kupang Ibadah di Rumah

👤Palce Amalo 🕔Minggu 05 April 2020, 10:00 WIB
Ada juga sejumlah gereja yang melakukan siaran langsung prosesi ibadah kepada jemaat melalui live streaming di Facebook, serta radio milik...
Dok  BPBD Toraja

Tiga Warga Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 09:25 WIB
Ketiganya ialah bapak bernama Bottong, 80, ibu bernama Rita, dan anak laki-laki bernama Yen, 12. Ketiganya tewas tertimbun longsor di dalam...
Dok BPBD Toraja

Hujan Deras, Tana Toraja Dilanda Longsor dan Banjir

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 08:37 WIB
Material longsor juga menutup aliran air, sehingga air meluap dan menyapu empat rumah milik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya