Rabu 18 Maret 2020, 13:51 WIB

Biden Sapu Bersih dalam Pemilihan di Tiga Negara Bagian

Nur Aivanni | Internasional
Biden Sapu Bersih dalam Pemilihan di Tiga Negara Bagian

MANDEL NGAN/AFP
Kandidat presiden dari Parta Demokrat Joe Biden yang juga mantan Wapres AS saat berkampanye.

 
JOE Biden mencetak kemenangan yang menentukan dalam ketiga pemilihan pendahuluan Demokrat pada Selasa (17/3). Kemenangan tersebut membuatnya memimpin atas saingannya Bernie Sanders dalam nominasi Demokrat untuk pencalonan presiden dari partai tersebut.

Ketika Amerika Serikat (AS) berjuang untuk memerangi penyebaran pandemi virus korona, para pemilih memberikan kemenangan kepada mantan wakil presiden di Florida yang kaya akan delegasi, juga Illinois dan Arizona.

Di Florida, pria yang berusia 77 tahun itu menang 62% suara, 23% suara untuk Sanders. Di Illinois, Biden berada di depan dengan 23 poin persentase. Itu berdasarkan 89% laporan dari daerah yang masuk.

Dan di Arizona, yang tempat pemungutan suaranya ditutup terakhir, Biden meraih kemenangan definitif ketiganya. "Kampanye kami memiliki malam yang sangat baik," kata Biden dalam sambutannya di televisi dari rumahnya di Delaware, seperti dikutip dari AFP, Rabu (18/3).

"Kami telah bergerak lebih dekat untuk mengamankan pencalonan presiden dari Partai Demokrat, dan kami melakukannya dengan membangun koalisi yang besar yang perlu kami menangi pada November," tambahnya.

Analis politik David Axelrod menyimpulkan bahwa Sanders adalah kandidat yang terluka parah. "Pertarungan untuk nominasi sudah berakhir. Itulah kenyataan yang dihadapi @BernieSanders," cuitnya melalui akun Twitter-nya.

Pada Selasa (17/3), jumlah delegasi Biden adalah 1.147 jika dibandingkan dengan 861 yang dimiliki Sanders, menurut penghitungan bergulir New York Times. Seorang kandidat membutuhkan 1.991 delegasi untuk mengamankan pencalonannya dari Partai Demokrat dan menghadapi Trump dalam pemilihan November mendatang.

Biden sudah lama mengatakan bahwa orang Amerika menginginkan hasil yang pragmatis, bukan 'revolusi' politik yang didukung oleh Sanders. Namun, pada Selasa Biden mengatakan ia dan Sanders 'berbagi visi yang sama' untuk memperluas asuransi kesehatan, mengatasi ketidaksetaraan ekonomi dan memerangi perubahan iklim.

Di sisi lain, Sanders menyampaikan pidatonya selama 20 menit secara online pada Selasa. Tetapi, ia tidak menyebutkan mengenai pemilihan pendahuluan di tiga negara bagian itu.

Sanders memfokuskan pada rekomendasinya untuk mengatasi pandemi virus korona, termasuk menyuntikkan dana US$2 triliun untuk mencegah kematian dan menghindari bencana ekonomi.

Negara bagian keempat, Ohio, sebelumnya juga dijadwalkan untuk menggelar pemilihan pada Selasa, tetapi negara itu menunda pemilihannya sampai Juni atas perintah Gubernur Mike DeWine. Ia mengatakan kepada para pemilih untuk tetap di rumah di tengah kekhawatiran penyebaran wabah virus korona.

AS secara resmi memiliki lebih dari 6.300 kasus virus korona, meskipun itu diyakini sebagian kecil dari jumlah sebenarnya.

Otoritas pemilu telah bersiap untuk gangguan dan administrasi Trump mendesak warga Amerika untuk menghindari pertemuan lebih dari 10 orang.

Di Florida, Gabriela Carrilho, seorang wanita berusia 51 tahun yang bekerja di bidang pemasaran, mengenakan sarung tangan sebelum memberikan suaranya di sebuah sekolah dasar yang hampir sepi di Miami Beach. "Saya pikir jika Anda tidak berpartisipasi, maka segalanya tidak akan pernah berubah," katanya.

Ia dan pemilih lainnya mengatakan mereka merasa aman saat memilih. "Ada pembersih tangan di setiap pos," kata Matt Don, 29. "Mereka menjaga jarak aman dari saya. Semua orang di sana menjaga keamanan," katanya.

Warga Amerika kini berada di rumah saat negara itu menerapkan langkah-langkah darurat terhadap krisis kesehatan yang memburuk.

Maryland pada Selasa menjadi negara bagian terbaru yang menunda pemilihan. Gelaran pemilihan pendahuluannya diundur dari 28 April menjadi 2 Juni.

Kentucky dan Louisiana telah menunda pemilihan mereka hingga Juni 2020, sementara Georgia menunda pemilihannya dari yang harusnya digelar minggu depan menjadi Mei. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP / Aidan JONES

Dilema Para ‘Phim’ dan Ancaman Terinfeksi Virus Korona di Bangkok

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 05 April 2020, 14:33 WIB
Kendati diselimuti kekhawatiran terpapar Covid-19, para 'Phim' nekat mencari pelanggan demi uang buat membayar biaya sewa...
AFP/JACK GUEZ

Israel Perketat Lockdown di Bnei Brak

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 12:55 WIB
Mulai Minggu (5/4) pagi, pasukan polisi dan militer memblokade akses ke Route 481, sebuah arteri area metropolitan utama Tel Aviv yang...
AFP/FRANCK FIFE

Renault Siapkan 1.300 Mobil Antar Jemput Tenaga Medis Prancis

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 12:15 WIB
Layanan penyediaan mobil listrik ini yang disajikan sejak Februari lalu itu, sedang diadaptasi untuk menawarkan hingga 300 mobil Renault...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya