Rabu 18 Maret 2020, 12:10 WIB

Hoaks, Mas Menteri Nadiem Positif Covid-19

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Hoaks, Mas Menteri Nadiem Positif Covid-19

Ilustrasi
Hoaks

 

BEREDAR kabar di media sosial yang menyatakan ada seorang lagi menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo, selain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang terinfeksi virus korona (Covid-19).

Dalam unggahannya, pemilik akun menyematkan sebuah artikel berjudul "Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri". 

Baca juga: DPR Disarankan Tunda Buka Masa Sidang

Adalah Akun Facebook Umi Cinta membagikan kabar tersbeut dengan mengunggah dua foto. Foto pertama, tangkapan layar (screenshot) memperlihatkan sejumlah tenaga medis yang sedang menangani pasien covid-19. Foto itu terlihat dari artikel yang diunggah situs OPERANEWSAPP.COM berjudul "Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri".

Di dalam artikel tersebut, bukan Menteri Nadiem yang terkena Korona, melainkan Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries yang terinfeksi covid-19. Terjadi penyuntingan pada judul dari kata "Nadine" diubah menjadi "Nadiem".

Pemberitaan di sejumlah media arus utama pun memperlihatkan, hingga Selasa (17/3) ini hanya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa narasi yang beredar di Facebook tersebut memuat informasi yang tidak benar atau hoaks. (Ant/OL-6)

Baca Juga

DOK MI

Birokrasi Rumit Sebabkan Rasuah Dana Transfer Daerah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 18:20 WIB
Untuk menangani sengkarut sistem penganggaran ini, pemerintah pusat disarankan memperbaiki aturannya. Penyederhanaan birokrasi menjadi...
DOK MI

Pilkada Saat Pandemi, Antusias Pemilih Tetap Tinggi

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 17:59 WIB
Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kemungkinan masyarakat hadir di TPS di wilayah yang ada pilkada, yakni...
DOK MI

Pandemi Covid-19 Kurangi Kemeriahan Demokrasi pada Pilkada

👤Putra Ananda 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 17:47 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mendorong agar setiap pasangan calon (paslon) di 270 daerah peserta pilkada serentak untuk fokus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya