Rabu 18 Maret 2020, 12:10 WIB

Hoaks, Mas Menteri Nadiem Positif Covid-19

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Hoaks, Mas Menteri Nadiem Positif Covid-19

Ilustrasi
Hoaks

 

BEREDAR kabar di media sosial yang menyatakan ada seorang lagi menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo, selain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang terinfeksi virus korona (Covid-19).

Dalam unggahannya, pemilik akun menyematkan sebuah artikel berjudul "Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri". 

Baca juga: DPR Disarankan Tunda Buka Masa Sidang

Adalah Akun Facebook Umi Cinta membagikan kabar tersbeut dengan mengunggah dua foto. Foto pertama, tangkapan layar (screenshot) memperlihatkan sejumlah tenaga medis yang sedang menangani pasien covid-19. Foto itu terlihat dari artikel yang diunggah situs OPERANEWSAPP.COM berjudul "Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri".

Di dalam artikel tersebut, bukan Menteri Nadiem yang terkena Korona, melainkan Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries yang terinfeksi covid-19. Terjadi penyuntingan pada judul dari kata "Nadine" diubah menjadi "Nadiem".

Pemberitaan di sejumlah media arus utama pun memperlihatkan, hingga Selasa (17/3) ini hanya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa narasi yang beredar di Facebook tersebut memuat informasi yang tidak benar atau hoaks. (Ant/OL-6)

Baca Juga

ilustrasi

Polisi Tangkap Pelaku Penghina Jokowi

👤Tri Subarkah 🕔Senin 06 April 2020, 18:56 WIB
Bareskrim Polri menangkap Ali Baharysah terkait kasus penghinaan terhadap Presiden Joko...
Dok. SPS Sumbar

SPS Sumbar Sampaikan Rekomendasi ke SPS Pusat dan Dewan Pers

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 18:38 WIB
Meminta SPS Pusat memperjuangkan agar para pekerja di media cetak maupun online di masuk kan dalam jaringan pengaman sosial sebagai dampak...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Mendagri Usul 4 Pilar Penanganan Covid-19 Secara Komprehensif

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 17:32 WIB
Pengentasan covid-19 tidak bisa ditangani secara parsial atau secara sendiri-sendiri oleh kementerian atau lembaga tertentu. Maka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya