Rabu 18 Maret 2020, 11:33 WIB

Hari Ini, Hanya Ada Satu Kasus Baru Covid-19 di Tiongkok

Willy Haryono | Internasional
Hari Ini, Hanya Ada Satu Kasus Baru Covid-19 di Tiongkok

AFP
Petugas kesehatan mengecek pasien positif COVID-19 di Red Cross Hospital, Wuhan, Tiongkok.

 

JUMLAH kasus baru virus korona (Covid-19) di Tiongkok turun drastis, dengan hanya ada satu infeksi domestik yang dilaporkan hari ini, Rabu (18/3). Namun, terdapat juga sekitar 12 kasus baru lainnya yang masuk ke Tiongkok dari negara lain.

Selama dua hari berturut-turut, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok hanya melaporkan tambahan satu kasus domestik di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei yang merupakan lokasi kemunculan awal virus tersebut pada akhir Desember 2019.

Kasus-kasus baru Covid-19 di Hubei hanya berjumlah satu digit dalam tujuh hari terakhir. Pada awal Februari, rata-rata jumlah kasusnya di Hubei mencapai 1.000 per hari.

Wuhan dan 11 juta warganya telah dikarantina pemerintah sejak 23 Januari. Seantero Provinsi Hubei juga ditutup total (lockdown) beberapa hari setelahnya.

Baca juga: Tangani Covid-19, Italia Terjunkan 10 Ribu Mahasiswa Kedokteran

Dalam beberapa hari terakhir, larangan gerak di beberapa wilayah Hubei sudah dicabut. Tiongkok mengklaim telah berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19.

Tiongkok kini khawatir terhadap kemunculan kasus baru Covid-19 yang berasal dari luar negeri. Dengan tambahan 12 infeksi pada Rabu (18/3) ini, total kasus Covid-19 di Tiongkok yang berasal dari negara lain telah mencapai 155.

Berdasarkan data Pemerintah Tiongkok, rata-rata 20 ribu orang terbang menuju 'Negeri Tirai Bambu' setiap harinya. Untuk menekan penyebaran Covid-19, sepuluh provinsi dan kabupaten/kota di Tiongkok telah menerapkan kebijakan karantina bagi pendatang dari semua negara.

Untuk wilayah ibu kota, pemerintah Beijing mewajibkan hampir seluruh pendatang internasional mengarantina diri di sejumlah hotel yang telah ditentukan.

Lima dari kasus impor Covid-19 di Tiongkok berada di Guangdong, provinsi yang telah mengumumkan langkah karantina pada Senin (16/3). Tiga kasus impor juga muncul di Beijing dan Shanghai, serta satu infeksi di wilayah lainnya.

Selain mengumumkan satu kasus domestik dan 12 impor, Tiongkok juga mengonfirmasi 11 kematian terbaru. Total korban tewas akibat Covid-19 di Tiongkok kini mencapai 3.237.

Sementara total kasus Covid-19 di daratan utama Tiongkok mencapai 80.894. (OL-1)

Baca Juga

AFP

DK PBB Minta Armenia dan Azerbaijan Hormati Gencatan Senjata

👤MI 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 02:45 WIB
ANGGOTA Dewan Keamanan PBB meminta Armenia dan Azerbaijan untuk menghormati gencatan senjata baru di...
AFP

Polisi Thailand Selidiki Media

👤MI 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 02:25 WIB
POLISI Thailand mengatakan telah memerintahkan penyelidikan terhadap empat media...
AFP

Ada Pembahasan Stimulus Baru, Indeks Saham AS Menguat

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 02:18 WIB
Dalam beberapa hari terakhir, investor menaruh harapan pada perundingan parlemen AS dan Gedung Putih terkait stimulus baru di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya