Rabu 18 Maret 2020, 07:55 WIB

Ilmuwan Teliti Cara Virus Bajak Sel Manusia

Foxnews/Hym/X-11 | Humaniora
Ilmuwan Teliti Cara Virus Bajak Sel Manusia

Seno
Ilustrasi

 

ILMUWAN di Westlake University di Hangzhou, Tiongkok, dan University of Texas, AS, telah mengungkap bagaimana virus korona berpaut atau berikat dengan sel-sel pernapasan manusia dan membajaknya. Penemuan itu penting karena memahami cara virus memasuki sel dapat mempercepat upaya untuk mengembangkan perawatan--atau bahkan vaksin untuk membendung pandemi.

Virus itu harus dapat masuk ke sel individu manusia untuk menginfeksi inang manusia. Virus-virus itu menggunakan mesin-mesin sel tersebut untuk menghasilkan salinan dari diri mereka sendiri yang kemudian pecah dan menyebar ke sel-sel baru.

Menurut jurnal Science, para ilmuwan Texas mengidentifikasi kunci molekuler kecil yang memungkinkan virus masuk ke sel. Kunci itu disebut spike protein atau protein lonjakan.

Tim menemukan covid-19 memiliki pola pengikatan yang cukup mirip dengan virus korona penyebab wabah SARS 2003. Namun, perbedaan asam amino yang mengikat virus ke sel reseptor dapat mengarah ke pengembangan obat antivirus yang berpotensi menghentikan virus korona. (Foxnews/Hym/X-11)

Baca Juga

dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya