Rabu 18 Maret 2020, 06:34 WIB

Mulai Hari Ini, KPK Tutup Kunjungan Tahanan Imbas Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Mulai Hari Ini, KPK Tutup Kunjungan Tahanan Imbas Covid-19

ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi di gedung KPK, Jakarta.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sejumlah penyesuaian menindaklanjuti kondisi terbaru terkait dengan wabah Covid-19. Salah satunya, komisi menutup kunjungan di semua rumah tahanan KPK. Penutupan berlaku mulai hari ini, Rabu (18/3) sampai 31 Maret mendatang.

"Untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global, kebijakan kepala rutan cabang KPK untuk sementara waktu ditunda dengan memperhatikan perkembangan selanjutnya," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan pers, Rabu (18/3).

Penutupan kunjungan tersebut ditujukan untuk setiap orang, baik keluarga atau kerabat tahanan. Khusus untuk penasihat hukum tetap bisa melakukan kunjungan seperti biasa dengan memperhatikan keamanan kesehatan. Adapun barang titipan untuk tahanan tetap akan diterima sesuai dengan jadwal seperti biasa.

Baca juga: KPK Periksa Tiga Orang Terkait Kasus Suap di MA

Ali menambahkan pimpinan KPK menerbitkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prosedur Bekerja dari Rumah bagi Seluruh Pegawai KPK. Mulai 18 Maret hingga 31 Maret mendatang, pegawai KPK akan menerapkan prosedur bekerja dari rumah. Dampaknya, sejumlah layanan publik yang dilakukan di kantor KPK akan dibatasi dan dioptimalkan secara daring.

"KPK menutup layanan tatap muka untuk sementara. Layanan publik tatap muka yang ditutup sementara adalah permintaan informasi publik, perpustakaan, dan pelaporan gratifikasi," ujar Ali.

Ali melanjutkan, untuk dua layanan publik lainnya yakni pengaduan masyarakat dan pelaporan harta (LHKPN), KPK tetap membuka layanan tatap muka. Namun, KPK menyarankan masyarakat lebih menggunakan saluran daring.

Untuk pengaduan masyarakat, KPK mengimbau masyarakat untuk sementara menggunakan akses daring melalui kws.kpk.go.id, surat elektronik pengaduan@kpk.go.id, atau di layanan Whatsapp dengan nomor 0811959575.

Kemudian, untuk pelaporan LHKPN, masyarakat dipersilakan mengakses elhkpn.kpk.id dan surat elektronik lhkpn@kpk.go.id. Adapun layanan call center 198 tetap beroperasi dengan perubahan jam layanan dari Senin-Jumat pada pukul 09.00-15.00 WIB.

"Khusus untuk bidang penindakan, kerja-kerja pemeriksaan saksi perkara tetap berjalan seperti biasa dengan memperhatikan standar keamanan kesehatan. Karena penyelesaian berkas perkara dibatasi oleh ketentuan undang-undang," tukas Ali. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Komnas HAM Desak DPR Tunda Pengesahan RKUHP

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 07 April 2020, 13:52 WIB
DPR jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan di tengah wabah virus...
Istimewa/DPR

Kawal Distribusi APD (Alat Pelindung Diri) Agar Tepat Sasaran

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 13:03 WIB
Semangat tepat sasaran yang sama perlu diterapkan juga dalam penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai rumah sakit di daerah-daerah...
MI/SUSANTO

​​​​​​​KPK Panggil Seorang Jaksa dalam Kasus Nurhadi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 07 April 2020, 11:50 WIB
Jaksa Sri akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan suap dalam penanganan perkara di MA pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya