Selasa 17 Maret 2020, 19:15 WIB

Pemilihan Wagub DKI Tetap Dilakukan 23 Maret 2020

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemilihan Wagub DKI Tetap Dilakukan 23 Maret 2020

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis (kanan), di Jakarta, 10 Maret 2020.

 

KETUA Panitia Pemilihan Wakil Gubernur (Panlih Wagub) DKI Jakarta, Farazandy, mengatakan, proses pemilihan wagub DKI tetap sesuai jadwal pada 23 Maret 2020.

Hal itu ditetapkan berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta membahas proses pemilihan wagub DKI pada Selasa (17/3) siang.

Baca juga: Mendagri Minta Pemda Ikut Pangkas Dana Perjalanan Dinas dan Rapat

"Hingga saat ini proses pemilihan wagub tetap sesuai rencana. Besok (Rabu 18/3) sesuai jadwal akan ada wawancara panlih dengan kedua calon wagub," ujar Farazandy.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, semua berkas persyaratan calon wagub yang diajukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah lengkap. Sehingga tahap selanjutnya adalah wawancara dan pemilihan pada 23 Maret 2020.

Terkait dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi tatap muka akibat wabah virus korona, Farazandy mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Dinkes memastikan kondisi gedung Dewan dan peserta rapat dalam kondisi aman.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinkes DKI untuk memastikan Rapat Paripurna bisa terlaksana dengan baik. Nanti akan ada pengecekan bagi setiap anggota dan tamu yang hadir. Begitu juga sterilisasi ruang rapat paripurna agar anggota Dewan merasa nyaman," lanjutnya.

Baca juga: Abaikan Covid-19 Pejabat BUMD Cianjur Liburan ke Eropa

Dua cawagub DKI yang akan bertarung yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pemilihan akan digelar dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta.

Pada hari yang sama, kedua cawagub DKI Jakarta diminta untuk memaparkan ide-ide dari visi misi program kerja sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) DKI Jakarta 2017-2022.

Setelah cawagub DKI Jakarta terpilih, pada 24 Maret DPRD DKI akan bersurat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal berita acara dan berkas wagub DKI terpilih. Cawagub terpilih akan mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan Sandiaga Uno.

Salah seorang Cawagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, berjanji akan memperluas ruang terbuka hijau (RTH) DKI Jakarta. (Ssr/A-3)

Baca Juga

ANTARA/SISWOWIDODO

Info Pembatalan KA dari dan ke Jakarta Selama PSBB Hoaks

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 April 2020, 14:50 WIB
PT KAI membantah informasi yang viral di media sosial yang menyebut seluruh perjalanan kereta api (KA) dari dan menuju Jakarta batal selama...
Antara

Ditetapkan Tersangka, Vanessa Angel jadi Tahanan Kota

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 09 April 2020, 14:42 WIB
Penetapan tersebut diambil setelah penyidik Satres Narkoba Polres Metro Jaya memeriksa Vanessa, suaminya Febry Ardiansyah, asisten, serta...
Antara/Muhammad Iqbal

Penerapan PSBB, Ketua DPRD: Warga Patuh, Jangan Semaunya!

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 April 2020, 14:34 WIB
Warga diminta mematuhi aturan selama PSBB, agar upaya melawan covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya