Selasa 17 Maret 2020, 17:23 WIB

Beginilah Kesan Pertama Dosen Kasih Kuliah Daring

Usman Kansong | Humaniora
Beginilah Kesan Pertama Dosen Kasih Kuliah Daring

123RF (Prasit Rodphan)
Ilustrasi

 

KINTOKO Rochadi hari ini memberi kuliah secara daring. Ini pertama kali dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara itu memberi kuliah secara online.

"Awalnya kaku, karena baru pertama kali. Tapi lama kelamaan saya merasa kuliah daring lebih bebas," katanya kepada Media Indonesia.

Banyak Universitas di Indonesia yang memutuskan menyelenggatakan perkuliahan jarak jauh melalui media daring. Perkuliahan jarak jauh ini merupakan bagian dari gerakan belajar di rumah atau social distancing untuk memutus penyebaran virus korona.

Kintoko berada di kampus ketika memberi kuliah 'media promosi kesehatan' kepada sembilan mahasiswa program master. Para mahasiswa ada yang berada di kos, rumah, perpustakaan, bahkan kafe.

Baca juga: UI Terapkan Kuliah Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Korona

Kintoko menggunakan aplikasi program google hangout untuk memberi kuliah daring. Ia menggunakan telepon genggam, sedangkan mahasiswa ada yang menggunakan telepon genggam, ada pula yang memakai laptop.

Untuk kuliah daring pertama ini, Kintoko berceramah dan mahasiswa kemudian bertanya. Proses kuliah berlangsung sekitar 1,5 jam. "Saya perhatikan mahasiswa lebih bebas bertanya ketimbang waktu kuliah tatap muka," katanya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

MUI: Publik Berhak atas Konten Hiburan dan Informasi yang Bermutu

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:50 WIB
Publik  mempunyai hak terbesar terhadap pemanfaatan frekuensi lembaga penyiaran untuk mendapatkan hiburan yang bermutu dan informasi...
123rf.com

Gelombang Pertama Pandemi Covid-19 di Indonesia Belum Berakhir

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:40 WIB
Ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono menyebut kini pandemi covid-19 di Indonesia masih berada dalam gelombang pertama...
ANTARA FOTO/Arnold/wpa

Stop Rapid Test, Jangan Buang Uang untuk Hal yang Tidak Akurat

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:24 WIB
Pandu menilai, pemeriksaan yang dilakukan dengan rapid test secara masal merupakan hal yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya