Selasa 17 Maret 2020, 13:54 WIB

Ceng Beng Di Babel, Tanpa Wisatawan Asing

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Ceng Beng Di Babel, Tanpa Wisatawan Asing

MI/Ramdani
Ilustrasi Ceng Beng

 

PERAYAAN ritual Ceng Beng (ziarah kubur) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang akan digelar, Sabtu (4/4), dipastikan tidak dihadiri wisatwan asal Tiongkok maupun negara lain terkait mewabahnya virus korona.

"Dalam ritual ini,  10 hari sebelum hari H sudah mulai kegiatan, artinya sejak 23 Maret sudah mulai acara, kita belum pantau yang dari luar negeri sepertinya tidak datang, karena di negara mereka, kalau masuk ke Indonesia, pulang ke negaranya akan dikarantina, sehingga kemungkinan yang datang dari Jakarta Palembang dan lainnya," ujar Ketua Yayasan Sentosa, Johan Riduan Hasan. Selasa (17/3)

Johan meminta, masuknya warga yang akan melaksanakan ritual sembahyang kubur ini yang perlu diantisipasi, termasuk ketika masuk ke Babel di bandara.

"Saya berharapperayaan ini dapat berjalan lancar, normal dan terhindar dari masuknya virus korona,'' harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan masuknya wisatawan yang akan melaksanakan ritual ini harus dipantau dan diperiksa dengan seksama.

"Ceng Beng ini orang akan berduyun-duyun datang ke Babel, ini kita minta kekuatan bagaimana menangkalnya, minta penjagaan dan pemantauan yang diperketat, bahkan bila perlu di lokasi disediakan tempat cuci tangan, penyemprotan dan sebagainya," kata Erzaldi.

Ia menyebutkan, ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat Babel dan juga etnis yang sedang menjalankan ritual. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA

Gelombang Pemudik Terus Berdatangan

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 04:15 WIB
GELOMBANG pemudik tetap berlangsung meski pemerintah telah mengimbau agar warga tidak pulang...
ANTARA

Daerah Bersiap Hadapi PHK

👤Lina Herlina 🕔Rabu 08 April 2020, 03:50 WIB
GELOMBANG pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun yang dirumahkan mulai terjadi pada ribuan pekerja di berbagai...
MI/ Akhmad Saufa

Gegara Covid, 2500 Karyawan Hotel di Sumbar Dirumahkan

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:51 WIB
Sampai saat ini,  tercatat 26 dari 80 hotel di Sumbar yang sudah tutup. Bahkan, dia memperkirakan ada beberapa hotel lagi yang akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya