Selasa 17 Maret 2020, 13:05 WIB

Kabupaten Balangan Siap Jadi Penyangga Ibukota Negara

Denny Susanto | Nusantara
Kabupaten Balangan Siap Jadi Penyangga Ibukota Negara

MI/Denny Susanto
Abdul Hadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan

 

KABUPATEN Balangan yang merupakan daerah perbatasan antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur bersama Kabupaten Tabalong siap menjadi daerah penyangga ibukota negara baru. Salah satu kabupaten termuda di Kalsel ini akan memprioritaskan pembangunan sektor pariwisata dan perkebunan selain eksploitasi sumber daya alam tambang.  Hal ini diungkapkan Abdul Hadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Selasa (17/3). 

"Posisi Kabupaten Balangan berada di perbatasan dan siap menjadi daerah penyangga ibukota negara di Kaltim. Kabupaten ini dikaruniai sumber daya alam melimpah, selain tambang sektor pariwisata terutama wisata alam sangat potensial," ungkap Abdul Hadi yang merupakan salah satu bakal calon Bupati Balangan periode 2020-2025.

Menurutnya ada beberapa permasalahan pokok di Kabupaten Balangan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah yaitu pembangunan wilayah dan kota, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan peningkatan PAD.

"Meski kaya sumber daya alam tetapi pembangunan di Kabupaten Balangan masih tertinggal dibanding daerah lain. Terlebih menghadapi pemindahan ibukota negara maka Balangan harus berbenah," ujarnya.

Infrastuktur di daerah harus disiapkan termasuk regulasi bagi jaminan kemudahan dan keamanan investasi. Selain sektor tambang dikatakan Abdul Hadi dirinya berkeinginan agar Kabupaten Balangan yang wilayahnya berada di kaki Pegunungan Meratus ini dapat mengembangkan sektor pariwisata alam dengan menonjolkan kearifan lokal.

baca juga: Yunita Lestari Ningsih Setia di Jalur Popok Bekas

Peningkatan produk hasil hutan non kayu dan perkebunan dapat menjadi alternatif peningkatan PAD diluar sektor pertambangan. 

"Mayoritas warga Balangan ini adalah petani karet. Mereka ini harus dibina ditengah situasi harga karet yang fluktuatif," tutur Abdul Hadi saat menerima kunjungan perwakilan masyarakat desa yang menyampaikan aspirasi terkait pembangunan desa. (OL-3)'
 

Baca Juga

Antara

Imbas Covid-19 Ribuan Karyawan Hotel di Lombok Barat Dirumahkan

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 05 April 2020, 14:40 WIB
SEDIKITNYA 1.316 karyawan hotel di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) terpaksa dirumahkan akibat merebaknya...
Ilustrasi/Media Indonesia

Dana Reses DPRD Bengkulu Rp6 Milar untuk Penanganan Covid-19

👤Marliansyah 🕔Minggu 05 April 2020, 14:15 WIB
DPRD Provinsi Bengkulu sepakat mengalihkan dana reses atau kegiatan penjaringan aspirasi dari masyarakat untuk penanganan penyebaran wabah...
ilustrasi/mediaindonesia.com

Peran Wartawan Vital untuk Edukasi Covid-19 tapi Minim Dukungan

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Minggu 05 April 2020, 13:40 WIB
Wartawan bisa memperjuangkan orang lain, tapi susah memperjuangkan dirinya. Bahkan, untuk mendapatkan masker dan hand sanitizer pun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya