Selasa 17 Maret 2020, 10:14 WIB

Cegah Covid-19, DPRD Cianjur Batasi Studi Banding ke Luar Daerah

Benny Bastiandy | Nusantara
Cegah Covid-19, DPRD Cianjur Batasi Studi Banding ke Luar Daerah

MI/Benny Bastiandy
Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan

 

DPRD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan membatasi berbagai kegiatan kedinasan yang sifatnya studi banding ke luar daerah. Kebijakan itu merupakan langkah konkret sebagai bagian mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, secara kewilayah, mewabahnya  korona saat ini jadi bahasan serius Pemkab Cianjur bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Karena itu, perlu diambil langkah-langkah strategis dari semua elemen untuk bersama-sama mencegah penyebarannya.

"Kami sikapi serius juga imbauan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten. Berbagai rencana kerja yang sudah diagendakan seperti studi banding atau kunjungan ke luar daerah, pasti akan kami batasi," kata Ganjar kepada Media Indonesia, Selasa (17/3).

Di lingkungan DPRD sendiri, lanjut Ganjar, akan diupayakan sesegera mungkin tersedia hand sanitizer serta alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner).Kepada para wakil rakyat, staf di kesekretariatan, maupun tamu yang datang ke Gedung DPRD nantinya diharuskan membersihkan tangan dan melalui pengecekan suhu tubuh.

"Ini penting sebagai antisipasi kesiapsiagaan dini menangkal penyebaran korona," tandasnya.

Upaya antisipasi pencegahan Covid-19 sudah diberlakukan di Polres Cianjur. Setiap hari, semua anggota termasuk pengunjung ke Mako Polres Cianjur harus melalui pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan Corona Response Team (CRT) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Kami juga menyiapkan hand sanitizer untuk mencuci tangan," kata Kapolres.

baca juga: Delapan Orang Berstatus ODP Korona di NTT

Cianjur Ajun Komisaris Besar Juang Andi Priyanto didampingi Paur Kesehatan Polres Cianjur Bripka Soleh, Selasa (17/3). Polres Cianjur juga sudah menyiapkan posko siaga yang siap melayani masyarakat selama 24 jam. Terdapat juga tim khusus yang dilengkapi peralatan alat pelindung diri (ADP) yang sewaktu-waktu akan merespons cepat seandainya terdapat warga diduga terpapar Covid-19.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, silakan bisa datang ke posko di Mako Polres Cianjur," tandasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara

Pemkot Jambi Gratiskan Tagihan PDAM April-Mei

👤Solmi 🕔Senin 06 April 2020, 17:45 WIB
UNTUK mengurangi beban ekonomi warga tardampak pandemi virus korona (Covid-19), Pemerintah Kota Jambi menggratiskan tagihan pemakaian air...
MI/Widjajadi

Hasil Rapid Test di Sukoharjo 89 Negatif, 6 Positif Covid-19

👤Widjajadi 🕔Senin 06 April 2020, 17:10 WIB
TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, memastikan enam warganya positif virus korona...
Ilustrasi

Terlibat Suap, Tiga Mantan Dewan Jambi Dijerat 4 Tahun Penjara

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 16:41 WIB
Tiga mantan anggota DPRD Jambi yang terjerat kasus suap pengesahan RAPBD 2018 dijatuhi hukumam masing-masing empat tahun dan dua bulan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya