Selasa 17 Maret 2020, 08:51 WIB

Cegah Covid-19, Bandara Banyuwangi Mulai Disemprot Disinfektan

Usman Afandi | Nusantara
Cegah  Covid-19, Bandara Banyuwangi Mulai Disemprot Disinfektan

MI/Usman Afandi
Petugas menyemprot disinfektan di area Bandara Internasional Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jatium, Senin (16/3/2020).

 

ANTISIPASI penyebaran virus korona (Covid-19)   di lingkungan  Bandara Internasional Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mulai disemprot dengan disinfektan. Penyemprotan itu dilakukan pada Senin (16/3) sore. Eksekutif General Manager Bandara Banyuwangi, Heru Karyadi mengungkapkan penyemprotan cairan disinfektan tersebut, rencana akan rutin di gelar setiap bulan.

Sehingga ancaman penyebaran virus Korona ) maupun bakteri lainya dapat diminimalisir, dan bandara Internasional Banyuwangi sendiri aman dari virus tersebut.

"Memang penyemprotan ini baru pertama kali di sini, namun kali ini kita akan rutin kami lakukan setiap bulan sekali, bahkan bisa juga dua kali," kata Heru Karyadi kepada Media Indonesia.

Heru menjelaskan, penyemprotan yang di lakukan oleh pihak Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Probolinggo, wilayah kerja Banyuwangi itu dilakukan di bagian yang menjadi area kumpul para penumpang. Seperti lanjut Heru, di tempat-tempat yang sering disentuh dan digunakan sebagai titik kumpul yakni, dropzone keberangkatan dan kedatangan penumpang, tempat tunggu, toilet, kantor serta jalur masuk maupun jalur keluar bandara.

"Kami menyemprot ke area-area yang mana menjadi titik kumpul orang banyak, terutama seluruh jalur, baik itu kedatangan maupun jalur keluar," kata Heru. 

Ia berharap melalui penyemprotan cairan disinfektan ini, seluruh area bandara baik itu di dalam maupun di luar dapat seteril, sehingga penyebaran bakteri maupun virus COVID-19 .

"Tujuanya, bagimana kita ini, betul-betul membersihkan area inti terhadap bakteri maupun virus. Terutama penyebaran virus Korona yang menjadi ancaman bagi kita semua," " tutupnya. 

Dalam hal ini, Kepala Wiker KKP Kelas II Probolinggo Wiker Ketapang, dr Nungky Nazwaris mengungkapkan, selain di bandara Blimbingsari penyemprotan cairan disinfektan itu juga di lakukan di tempat penyebrangan seperti ASDP Ketapang (Penyebrangan Banyuwangi-Bali).

"Selain di Bandara Blimbingsari kami juga menyemprot cairan disinfektan ini di pelabuhan penyebrangan Ketapang," terangnya.

baca juga: Setiap Rumah Sakit di Blora Sediakan 5 Unit Kamar Isolasi

Pihaknya juga menjelaskan cairan disinfektan tersebut dirasa sangat aman, dan sangat efektif untuk membantu mencegah penularan (COVID-19) maupun membunuh bakteri.

"Cairan disinfektan ini sangat efektif mencegah Covid-19  dan bisa untuk membunuh bakteri yang menempel di tempat-tempat, yang sering dipegang oleh banyak orang," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah

👤MI 🕔Selasa 07 April 2020, 04:30 WIB
SEJUMLAH pasien positif covid-19 di beberapa daerah sembuh sehingga mereka diperbolehkan pulang ke rumah...
MI/Denny Susanto

Anggaran Korona Jangan Dikorupsi

👤Denny Susanto 🕔Selasa 07 April 2020, 03:45 WIB
PEMANFAATAN anggaran tanggap darurat penanganan pandemi covid-19 atau virus korona jangan sampai...
ANTAR

Pemudik Kucingkucingan dengan Petugas

👤MI 🕔Selasa 07 April 2020, 03:05 WIB
SEJUMLAH pemudik tidak menghiraukan imbauan pemerintah agar tidak pulang kampung di tengah pandemi virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya