Selasa 17 Maret 2020, 08:33 WIB

Penumpang Wajib Cek Suhu di 9 Stasiun KRL

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Penumpang Wajib Cek Suhu di 9 Stasiun KRL

Antara
Penumpang menunggu KRL di stasiun.

 

PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) memastikan perjalanan KRL Commuter Line pada Senin (16/3) berjalan normal seperti biasa dengan melayani 991 perjalanan yang meliputi seluruh lintas yaitu Bogor/Depok-Jakarta Kota pp, Bogor/Depok-Jatinegara pp, Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota pp, Rangkasbitung-Tanah Abang pp, Tangerang-Duri pp, dan Tanjung Priok-Jakarta Kota pp.

"Sejak adanya pemberitahuan mengenai pembelajaran jarak jauh baik sekolah maupun perguruan tinggi serta penutupan tempat umum dan destinasi wisata sejak Sabtu (14/3) pengguna jasa KRL turun 32%," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (16/3).

Penurunan itu khususnya terlihat di sejumlah stasiun yang terdampak kebijakan ini yaitu, Stasiun Ancol (turun 59%), Stasiun Jakarta Kota (turun 38%), Stasiun Juanda (turun 25%), dan Stasiun UI (turun 17%).

Baca juga: Transportasi Massal kembali Normal

Dari data yang ada, pada Senin (16/3), PT KCI normalmya melayani 1 juta hingga 1,1 juta pengguna dalam satu hari. Namun, hingga pukul 14.00 WIB, volume pengguna hanya mencapai 350 ribu.

Dalam situasi saat ini, sebagai operator KRL Commuter Line PT KCI berupaya tetap menyediakan layanan transportasi kepada masyarakat yang membutuhkan terutama petugas medis, pekerja di apotek, pekerja di sektor layanan publik dan hingga sektor logistik yang vital termasuk penyediaan bahan pokok.

PT KCI mengajak para penggunanya mengikuti imbauan dari pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Imbauan tersebut penting untuk mencegah penyebaran virus korona semakin meluas.

"Dengan KRL tetap beroperasi normal tanpa mengurangi frekuensi perjalanan, PT KCI berharap layanan ini dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak yang harus menggunakan transportasi publik," tegasnya.

Dengan memperhatikan imbauan pemerintah tersebut, pengguna jasa yang masih menggunakan KRL tetap dapat menjaga jarak di dalam kereta dan saling mengingatkan agar kita bersama-sama dapat meminimalisasi penyebaran virus.

Sebelum menggunakan KRL, PT KCI juga mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh untuk seluruh calon pengguna. Pemeriksaan ini wajib diikuti pengguna yang akan naik KRL di sejumlah stasiun termasuk stasiun-stasiun terpadat yaitu: Stasiun Bogor, Manggarai, Gondangdia, Juanda, Sudirman, Tanah Abang, Duri, Tangerang, dan Rangkasbitung.

"Untuk menjaga kelancaran alur pengguna di stasiun, pengguna yang akan naik KRL dari sembilan stasiun ini wajib masuk dari pintu akses stasiun yang menyediakan pemeriksaan suhu tubuh. Sementara di stasiun-stasiun lainnya, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan secara acak dengan menyasar sebanyak mungkin pengguna KRL," kata Anne.

PT KCI juga mengingatkan kembali bahwa bagi mereka yang saat diperiksa suhunya melebihi 38 derajat celcius tentu akan diminta tidak menggunakan KRL terlebih dahulu.

Dalam menjalani pemeriksaan ini, PT KCI mengajak pengguna untuk tetap antri dengan tertib dan mengikuti pemeriksaan demi kesehatan bersama.

PT KCI juga mengimbau seluruh pengguna jasa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, memperhatikan etika batuk dan bersin di ruang publik, gunakan masker terutama bagi pengguna jasa yang sedang sakit maupun dalam masa pemulihan, kunjungi Pos Kesehatan Gratis KCI di 30 Stasiun jika merasa kurang sehat/tidak fit, dan tetap menjaga jarak diantara pengguna semaksimal mungkin. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Puspa Perwitasari

Jeritan Pengemudi Ojek Daring di Tengah Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 14:05 WIB
Igun Wicaksono harus menelan pil pahit. Penghasilannya yang sudah menurun di tengah pandemi, akan kembali tertekan penerapan...
ANTARA

Vanessa Angel Kembali Diboyong ke Polres Jakbar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 08 April 2020, 13:58 WIB
Kanit 2 Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Akp Maulana Mukarom, membenarkan penjemputan Vanessa atas kasus...
MI/RAMDANI

Korlantas Polri Pastikan tidak Ada Larangan Ojol Angkut Penumpang

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 12:30 WIB
Larangan berboncengan diberlakukan khusus bagi pemudik menggunakan sepeda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya