Selasa 17 Maret 2020, 00:10 WIB

Persiapan Matang Jadi Kunci Sukses

Deden Muhamad Rojani | Olahraga
Persiapan Matang Jadi Kunci Sukses

ANTARA
Pasangan bulu tangkis Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

PERSIAPAN yang matang jadi kunci bagi Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti untuk menjuarai All England 2020. Dengan rangkaian latihan yang panjang, mereka pun sukses menjadi juara setelah mengalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8 di partai puncak.

“Kami sudah lihat kalau Praveen ada masalah di nonteknis, sedangkan Melati dari segi pertahanan. Hampir kelemahan mereka tidak kelihatan. Praveen bisa fokus, kalau salah bisa tetap fokus. Melati juga pertahanannya enggak gampang mati,” jelas pelatih ganda campuran Nova Widianto, kemarin.

Nova mengaku tidak takut dengan pola main kedua anak asuhnya itu. Namun, tetap dia sedikit cemas soal mental Praveen/Melati. Apalagi Melati yang dianggapnya sering tegang kalau main di partai final. “Apalagi ini All England. Tapi, ternyata di luar du­gaan, malah Melati yang luar biasa,” ungkap Nova.

Nova menambahkan, rangkaian gelar yang diperoleh Praveen/Melati secara tidak langsung memengaruhi penampilan mereka. Namun, Nova juga berpesan agar hasil di Inggris tidak membuat Praveen/Melati lengah dan makin waspada demi bisa meraih gelar lain.

“Saya juga berpesan, kadang-kadang habis juara ini suka lengah. Jangan lengah. Terutama Praveen, dia punya kualitas yang bagus, tidak usah diragukan lagi, tapi kadang-kadang lengah. Dulu sempat menang All England 2016, habis itu hilang enggak juara lagi. Tapi kalau pola pikir dia bisa kayak gini terus­, akan sangat bagus ke depannya,” pungkas Nova.


Karantina

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengatakan seluruh pemain dan ofisial Merah Putih yang mengikuti All England harus menjalani karantina setibanya di Tanah Air.
Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto mengatakan self isolated yang akan dijalani bertujuan mengantisipasi penyebaran virus korona.

“Pemain yang baru pulang dari Inggris akan dapat program­ latihan khusus selama masa isolasi mandiri. Untuk jadwal dan pengaturannya masih kami diskusikan,” ungkap Achmad yang mengatakan sebagian atlet PBSI sudah tiba di Tanah Air sejak kemarin.

Achmad menambahkan, pihaknya juga memperketat aturan di kawasan tempat latihan di Cipayung, Jakarta. Di antaranya setiap atlet tidak diperbolehkan keluar lokasi latihan kecuali ada keperluan mendesak dan harus dapat izin dari pelatih dan dokter.

PBSI juga menutup akses bagi semua tamu sampai dua pekan ke depan. Hal itu dijelaskan dalam Surat Edaran Nomor 158/0.5/III/2020 yang diterbitkan PBSI, kemarin, perihal Peraturan Pencegahan Covid-19 (Korona).

Kegiatan atlet juga dibatasi saat latihan dan istirahat di asrama. Dalam sebulan ke depan, seluruh turnamen nasional dan internasional resmi dibatalkan. Program latihan atlet masih akan tetap berjalan seperti biasa.

Khusus bagi yang turun di All England, selama masa isolasi mereka tetap menjalani latihan, dengan catatan lapangan, fasilitas, dan jadwal latihan diatur terpisah dengan atlet lain. (BadmintonIndonesia/R-3)

 

Baca Juga

Ist

Panitia PON XX Papua Maksimalkan Persiapan dan Hitung Mundur

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:00 WIB
Saat peresmian sendiri tepat 362 hari menuju pelaksanaan PON XX yang sedianya digelar 2-14 Oktober...
Twitter @ufc

Penuhi Janji pada Ibu, Nurmagomedov Pensiun dari MMA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 11:30 WIB
Nurmagomedov mengatakan dirinya memenuhi janji pada ibunya bahwa pertarungan melawan Justin Gaethje adalah pertarungan...
Twitter @ufc

Pesan Sportif Khabib Nurmagomedov dan Gaethje

👤 Akmal Fauzi 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 10:54 WIB
Duel Nurmagomedov vs Gaethje yang berlangsung di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, berakhir dengan kemenangan Nurmagomedov di ronde...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya