Selasa 17 Maret 2020, 04:40 WIB

Anggota Panwaslu Dituntut Bekerja Profesional

MI | Nusantara
Anggota Panwaslu Dituntut Bekerja Profesional

Dok. MI

 

SETELAH dilantik pada pekan lalu, sebanyak 239 anggota panitia pengawas pemilu (Pan­waslu) kelurahan dan desa di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menyatakan siap be­kerja. Di setiap kelurahan atau desa terdapat satu anggota Panwaslu.

Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim, mengatakan pihaknya telah memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Panwaslu kelurahan dan desa.  “Di Purbalingga terdapat 239 anggota yang bertugas di 239 kelurahan dan desa. Jadi, tiap-tiap kelurahan dan desa ada satu petugas Panwaslu.”

Dia mengungkapkan, pihak­nya telah meminta kepada anggota Panwaslu desa dan kelurahan untuk membaca dan memahami aturan. “Sebab, aturan itulah yang me­nuntun dalam melaksanakan tugas di lapangan.”

Terpisah, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyatakan akan bersikap netral pada Pilkada 2020. Namun, secara personal, KNPI menyerahkan sepenuhnya hak politik ke tiap-tiap pengurus­ dan anggota. Mereka menentukan sendiri calon pemimpin daerah untuk lima tahun ke depan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Cianjur terpilih, Riksa Iman Pribadi, menegaskan hal itu di sela acara Musyawarah Daerah (Musda) KNPI pekan lalu.
Sebelum Musda tersebut di­gelar, sikap KNPI Kabupaten Cianjur sempat menjadi pertanyaaan dari setiap peserta yang terdiri dari organisasi ke­mahasiswaan, organisasi kepemudaan, dan organisasi sayap partai.

Namun, sesuai anggaran dasar/anggaran rumah tangga serta peraturan organisasi,  tegas Riksa, sikap KNPI pada pilkada adalah independen dan aktif.

Terkait dengan pilkada serentak­, di Bangka Belitung, empat kabupaten akan melaksanakan pilkada. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) sebagai partai penguasa di Babel, menyatakan tidak mau serakah. Mereka hanya menginginkan posisi calon wakil bupati di pilkada Belitung Timur.

“Di Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah, kami ingin posisi calon bupati. Di Belitung Timur, kami tidak berambisi untuk nomor satu,” ujar Wakil Bendahara Umum DPP PDIP, Rudianto Chen. (LD/BB/RF/N-3)

 

 

 

Baca Juga

DOK MI

Nenek Berusia 100 Tahun Asal Surabaya Sembuh dari Korona

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:40 WIB
Pada 28 April 2020, dari hasil swab test, Nenek Kamtin terkonfirmasi positif Covid-19. Ia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit PHC...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Kota Malang Siapkan Perwal New Normal

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:25 WIB
Untuk memasuki masa transisi setelah PSBB menuju masa adaptif atau new normal, diperlukan sejumlah...
DOK MI

Tiga Pasar di Banjarnegara Ditutup Sementara

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:55 WIB
Saat pasar kembali dibuka, Pemkab Banjernegara akan melakukan pengetatan pengawasan dan meminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya