Senin 16 Maret 2020, 19:30 WIB

Kagama Keluarkan 6 Imbauan Atasi Penyebaran Covid-19

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Kagama Keluarkan 6 Imbauan Atasi Penyebaran Covid-19

Dok. Kagama.co
Sekretaris Jenderal PP Kagama AAGN Ari Dwipayana

 

KASUS infeksi Covid-19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan ditetapkannya virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Melihat kondisi ini, Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama) memberikan imbauan pada seluruh pengurus dan anggota Kagama  dimana pun berada untuk secara bersama-sama mengatasi penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Sekretaris Jenderal PP Kagama AAGN Ari Dwipayana mengatakan,  ada enam imbauan  yang mesti dilakukan sebagai upaya  mengatasi penyebaran wabah virus korona (Covid-19). Pertama, dengan melakukan social distancing.

“Caranya dengan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain, mengurangi pertemuan, menghindari tempat berkumpulnya orang banyak. Serta sedapat mungkin melakukan aktivitas kegiatan dan pekerjaan dari rumah,” katanya dalam keterangan tertulis.

Kedua, kata Ari, menunda pelaksanaan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak,  Hal itu juga dilakukan Kagama dengan menunda sejumlah acara diskusi, seminar, pelatihan, kopdar, rapat-rapat kerja, musda, muscab, serta acara pelantikan.

“Semua program kegiatan ditunda dulu. Koordinasi program dan konsolidasi kepengurusan Kagama dapat dilakukan secara daring dengan memanfaatkan media sosial yang tersedia,” terang Koordinator Staf Khusus Presiden itu.

 

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Seluruh Ruang Kerja di Kemenhub Disterilisasi

 

Ketiga, ujar Ari, agar masyarakat selalu menjaga hidup sehat dengan melaksanakan arahan  WHO/Kementerian Kesehatan RI.

“Yaitu dengan sering cuci tangan menggunakan sabun/ hand-rub berbasis alkohol dan menggunakan masker bila batuk atau pilek, atau menggunakan tisu sekali pakai dan membuangnya di tempat tertutup. Kemudian mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak sayur, dan buah; Keempat, rajin olahraga dan istirahat yang cukup," imbuhnya.

Keempat, lanjutnya, ikut mendoakan seluruh pasien positif korona agar bisa sembuh dan mendoakan Covid-19 bisa segera teratasi.

“Secara khusus mohon doa untuk kesembuhan Wakil Ketua Umum PP Kagama/Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit,” kata Ari.

Kelima, Ari menyebut, agar kita saling menguatkan, bersatu, menjaga kekompakan, serta aktif mengajak masyarakat agar tetap tenang.

"Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dan termakan kabar kibul (hoax). Juga membantu pemerintah dalam edukasi, deteksi, dan reaksi cepat serta mitigasi ikutannya sebagai dampak penyebaran wabah virus korona,” ucap Ari.

“Terakhir, kami meminta semua bentuk partisipasi aktif untuk membantu penanganan penyebaran virus korona, harap dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah serta dilaporkan ke Posko Kagama-UGM Sinergi Atasi Covid-19,” pungkas  alumnus Fisipol UGM itu. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/ Adi Kristiadi

Minim APD, Petugas Medis di Kalsel Terpaksa Pakai Jas Hujan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 05 April 2020, 23:30 WIB
Kalau para tenaga medis terpapar korona, lalu siapa yang akan menyembuhkan...
Ilustrasi

IDI Catat Total 24 Dokter Meninggal Terkait Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 05 April 2020, 22:54 WIB
Di antara para korban yang meninggal akibat Covid-19, terdapat tenaga medis yang telah berjuang di garda depan untuk merawat para...
MI/ Ramdani

MPR Minta Pemerintah Lindungi Tenaga Medis Secara Maksimal

👤Ade Alawi 🕔Minggu 05 April 2020, 22:43 WIB
Menurutnya, sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19 ini, dokter dan para tenaga kesehatan adalah kelompok yang paling rawan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya