Senin 16 Maret 2020, 22:39 WIB

Band Govinda Beri Perhatian Terkait Royalti

Antara | Hiburan
Band Govinda Beri Perhatian Terkait Royalti

Antara/Lia Wanadriani Santosa
Govinda

 

GRUP band Govinda menaruh perhatian terkait masalah royalti terhadap para musisi dari hak cipta karya yang dihasilkan.

Band yang beranggotakan Ifan (vokal), Jeje (drum), Ade (gitar), dan Luki (bass) itu menilai saat ini Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) yang berhubungan terkait masalah hak cipta musisi telah menjalankan fungsinya dengan baik.

"Industrinya sebenernya mengarah ke arah yang lebih baik, banyak LMK yang udah berjalan segala macam. Cuma memang sosialisasinya harus lebih lebar lebih optimal karena negara ini sangat besar, penduduknya sangat banyak," kata Ade beberapa saat lalu.

Namun Ade Govinda juga tak menampik bahwa masih banyak musisi yang belum mengerti bagaimana cara mengamankan hak cipta dari karyanya.

"Bahkan band-band indie di Jakarta yang sudah maju pun banyak yang belum ngerti cara mengamankan sebuah lagu lewat hak cipta dan lain-lain. Makanya sebenarnya, memang industrinya mengarah ke arah lebih baik, tapi musisinya harus lebih aware, harus gerak juga," terang Ade.

Pendapat yang tak jauh beda diungkapkan oleh Luki yang menilai perhatian pemerintah terhadap para musisi semakin membaik. Di antaranya dengan kebijakan yang mengatur masalah royalti dan sosialisasi lainnya.

"Itu sudah mulai ada aksi. Dari royalti kita, hak musik kita, itu yang diharapkan mungkin ke depannya harus terealisasikan dengan baik supaya makin tersosialisasikan demi kebaikan kita bersama," kata Luki.

Luki mengatakan sejatinya para musisi bisa hidup sejahtera apabila masalah terkait pemberian royalti terhadap hak cipta karya bisa dijalankan dengan maksimal.

"Supaya musisi dapat terhidupi dengan baik, terjamin kehidupannya dan menghasilkan karya yang makin beragam dan positif untuk kebaikan Indonesia sendiri," imbuhnya. (OL-12)

Baca Juga

Soompi

So Ji Sub Nikahi Mantan Wartawan

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 07 April 2020, 13:08 WIB
Di tengah pandemi virus korona, So Ji Sub dan Jo Eung Jung dalam keterangan resmi tidak akan menggelar resepsi pernikahan. Mereka hanya...
AFP/ROBERTO SCHMIDT

Gloria Estefan Ubah Lagunya untuk Perangi Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 12:53 WIB
Gloria Estefan mengubah lagu Get On Your Feet menjadi Put On Your Mask untuk meningkatkan kesadaran warga mengenai...
AFP/Tolga AKMEN

JK Rowling Mengaku Alami Gejala Covid-19 Selama Dua Pekan

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 10:16 WIB
Dia mengaku selama dua pekan mengalami semua gejala utama virus korona termasuk masalah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya