Senin 16 Maret 2020, 20:03 WIB

Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus belum Diputuskan Tutup

Antara | Nusantara
Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus belum Diputuskan Tutup

Antara
ilustrasi : Puluhan ribu orang antri menunggu pembagian nasi jangkrik dalam acara tradisi buka luwur (kelambu) makam Sunan Kudus.

 

YAYASAN Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, hingga kini belum memutuskan menutup kompleks Makam Sunan Kudus maupun Menara Kudus dari kunjungan peziarah untuk antisipasi penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 yang tengah mewabah di berbagai daerah di Tanah Air.

Berdasarkan pemantauan di kawasan Menara dan Makam Sunan Kudus, kunjungan peziarah memang masih cukup padat yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air.  

"Hingga kini, kami belum memutuskan untuk menutup Makam Sunan Kudus dari pengunjung karena pengelola makam lain juga belum melakukan hal serupa," kata Ketua Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus Muhammad Nadjib Hassan di Kudus, Senin (16/3).

Apalagi, lanjut dia, saat ini merupakan puncak kunjungan peziarah dari berbagai daerah di Tanah Air sehingga ketika ditutup secara mendadak dimungkinkan akan ada dampak bagi peziarah yang telanjur mengagendakan kunjungan.

Ia berharap ketika diputuskan untuk ditutup, kebijakan itu mendapatkan dukungan semua pihak agar tidak ada prasangka dari kalangan tertentu.

Langkah-langkah yang akan ditempuh untuk antisipasi penyebaran virus korona, kata dia, nantinya akan disediakan cairan pembersih tangan di setiap titik strategis yang mudah dijangkau peziarah.

Di tempat berwudu juga akan disediakan sabun cuci tangan sehingga peziarah yang kebetulan berwudu ketika hendak berziarah sekaligus melakukan cuci tangan menggunakan sabun. (OL-12)

 

Baca Juga

Istimewa

Warga Surabaya Apresiasi Bantuan Sembako Cak Machfud saat PSBB

👤Faishal Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 10:15 WIB
WARGA Surabaya begitu mengapresiasi kepedulian Tokoh Masyarakat Surabaya Machfud Arifin, di tengah himbauan pembatasan sosial berskala...
ANTARA/Abriawan Abhe

Cegah Covid-19, Umat Kristen di Kupang Ibadah di Rumah

👤Palce Amalo 🕔Minggu 05 April 2020, 10:00 WIB
Ada juga sejumlah gereja yang melakukan siaran langsung prosesi ibadah kepada jemaat melalui live streaming di Facebook, serta radio milik...
Dok  BPBD Toraja

Tiga Warga Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 09:25 WIB
Ketiganya ialah bapak bernama Bottong, 80, ibu bernama Rita, dan anak laki-laki bernama Yen, 12. Ketiganya tewas tertimbun longsor di dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya