Senin 16 Maret 2020, 13:35 WIB

Waspada Covid-19, Ponsel pun Wajib Dibersihkan

Melalusa Susthira K | Weekend
Waspada Covid-19, Ponsel pun Wajib Dibersihkan

Unsplah/Robin Worral
Di tengah pandemik Covid-19, ponsel pun mesti rutin dibersihkan.

Di samping melindungi diri dengan mengenakan masker dan rutin mencuci tangan, masyarakat dunia pun semakin mengingkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan menjadi pandemi. Salah satunya ialah dengan memperhatikan kebersihan ponsel, yang bukan menjadi rahasia lagi bahwa ponsel kerap menjadi sarang dari kuman atau bakteri. Membersihkan ponsel yang rutin disentuh tangan dan menempel di area wajah seperti pipi, kuping, dan mulut, kiranya dapat menjadi langkah cerdas dalam mengatisipasi penularan Covid-19.

Mengutip The Week, sebuah tinjauan ilmiah dari University of Arizona pada 2012 lalu menemukan bahwa bakteri di permukaan ponsel lebih banyak dibandingkan bakteri yang terdapat di ceruk kloset - terkadang mencapai sepuluh kali lipat. Adapun penelitian dari Inggris menunjukkan 1 dari 6 ponsel membawa kotoran di dalamnya, karena banyak orang yang membawa ponsel ke kamar mandi untuk menelusuri aplikasi dan meletakkan ponselnya di sana.

"Kita menghabiskan setidaknya dua jam sehari menyentuh ponsel. Ini jelas menjadi kendaraan transmisi, terutama ketika orang berbagi ponsel,” terang seorang profesor Ilmu Kesehatan di Ball State University, Amerika Serikat (AS), mengutip Huffpost, Kamis (12/3).

Penularan utama Covid-19 diketahui melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi - seperti batuk, bersin, atau menghembuskan nafas. Adapun menurut sebuah penelitian Jerman yang dilansir New York Post, Covid-19 yang keluar dari droplet seseorang yang terinfeksi dapat menempel di permukaan seperti logam, kaca atau plastik - material ponsel - hingga mencapai sembilan hari.

Bila tak secara langsung terpapar droplet tersebut, risiko tak langsung pun mengintai apabila menyentuh permukaan yang terpapar Covid-19 dengan tangan, lalu menyentuh area wajah seperti mata, hidung, atau mulut. Untuk itu, setelah membentengi diri dengan mencuci tangan secara rutin dan efektif, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan ialah membersihkan ponsel dengan menyekanya menggunakan pembersih disinfektan atau alkohol gosok (etanol atau isopropil alkohol 70%).

Yahoo Finance merekomendasikan untuk menyeka secara lembut ponsel atau perangkat lainnya, dan jangan merendamnya di cairan pembersih disinfektan. Adapun CNN merekomendasikan untuk menggunakan kain lembut dan bebas serat, karena kain yang bersifat abrasif - seperti handuk kertas dan waslap - dapat merusak layar ponsel. Selain itu, hindari menggunakan semprotan pemutih atau aerosol karena juga dapat merusak permukaan ponsel.

"Anda dapat dengan lembut menyeka permukaan ponsel, dan kemudian pastikan Anda mengeringkannya dengan kain mikrofiber untuk menyingkirkan kuman sepenuhnya. Pastikan saja kain itu hanya digunakan satu kali, lalu cuci sebelum Anda menggunakannya lagi,” terang seorang dokter dari Cleveland Clinic, Neha Vyas, kepada Huffpost.

Adapun Profesor Klinik Kesehatan dan Lingkungan Global dari New York University (NYU) School of Global Public Health, Dr. Jack Caravanos, menyebut bahwa  kecil kemungkinan untuk tertular Covid-19 dari barang-barang pribadi, seperti telepon, laptop, dan kunci. Sedangkan menurutnya, jauh lebih penting untuk memperhatikan benda-benda yang dipakai bersama, seperti gagang pintu, gagang toilet, nampan di pesawat, ataupun remote control.

“Kemungkinan kontaminasi (Covid-19) dari orang lain ke perangkat pribadi Anda rendah," jelas Caravanos, seperti dilansir GQ, Jumat (13/3). (M-2)

Baca Juga

Instagram @cmbynfilm

Timothee Chalamet Akan Bermain di Sekuel "Call Me by Your Name"

👤Fathurrozak 🕔Senin 06 April 2020, 13:25 WIB
"Call Me by Your Name" masuk nominasi film terbaik Oscar...
 Angela Weiss / AFP

PBB Minta Pemerintah di Seluruh Dunia Lindungi Perempuan

👤Adiyanto 🕔Senin 06 April 2020, 10:25 WIB
Selama beberapa pekan terakhir ketika tekanan ekonomi dan sosial dan ketakutan telah tumbuh,  pihaknya telah menyaksikan lonjakan...
Lionel BONAVENTURE / AFP

YouTube Pantau Video Konspirasi Palsu Teknologi 5G dan Covid-19

👤Adiyanto 🕔Senin 06 April 2020, 10:01 WIB
Setidaknya, tujuh menara seluler telah dibakar di Inggris, setelah teori konspirasi online secara tidak akurat mengklaim hubungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya