Minggu 15 Maret 2020, 20:55 WIB

Social Distancing Bisa Cegah Penyebaran Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Social Distancing Bisa Cegah Penyebaran Covid-19

AFP
Penerapan Social Distancing di salah satu gereja di Filipina

 

Di Provinsi Hubei, Tiongkok, tempat wabah virus korona baru muncul, otoritas kesehatan dengan cepat melarang pertemuan besar dan memperkenalkan langkah-langkah social distancing lainnya. Langkah itu menurunkan dan membendung penularan.

Saat jumlah kasus virus korona baru (covid-19) di Amerika Serikat terus membengkak, otoritas pemerintah dan swasta juga mengambil langkah-langkah untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan social distancing atau menjaga jarak sosial.

Berbagai negara bagian dan kota AS telah memberlakukan kebijakan yang membatasi kontak erat antara orang-orang, dalam upaya untuk memperlambat wabah yang bergerak cepat ini.

 

Baca juga: Covid-19: Bupati Mengisolasi Lokasi Wisata Puncak Bogor untuk WNA

 

Beberapa dari amanat ini termasuk menutup sekolah, melarang pertemuan besar, dan membatasi pelanggan di restoran dan bar. Gubernur New York, Andrew Cuomo, memerintahkan penutupan semua pertunjukkan Broadway hingga 13 April.

Rebecca Dennett, seorang stylist lepas yang tinggal di Brooklyn, mengatakan dia akan memprioritaskan kapan harus meninggalkan apartemen dan tetap dekat dengan rumah. Dia berusaha untuk menjaga jarak dari yang lain.

Sementara itu bagian lain, para ilmuwan Inggris mendesak pemerintah untuk menegakkan aturan social distancing sekarang.

Ratusan ilmuwan telah menulis surat kepada pemerintah mendesak segera langkah-langkah penegakkan social distancing, mengikuti rencana aksi yang diumumkan pada Kamis.

Sebanyak 245 orang Inggris yang mendukung surat terbuka termasuk para ilmuwan dari berbagai departemen, sementara itu juga didukung oleh 29 penandatangan internasional.

Ketika kasus-kasus covid-19 terus melonjak di Australia, otoritas kesehatan menyarankan warga Australia untuk mempraktikkan social distancing sebanyak mungkin untuk membatasi penularan.

Saat menerapkan tindakan menjaga jarak, NSW Health mengatakan Anda masih bisa pergi bekerja atau sekolah dan menggunakan transportasi umum untuk berkeliling.

Tetapi Anda harus berusaha untuk tetap 1,5 meter dari orang lain saat menerapkan social distancing. Itu itu tidak ada artinya jika Anda berada di bus atau kereta yang penuh sesak.

Itu sebabnya otoritas kesehatan mengakui social distancing tidak dapat dipraktikkan dalam semua situasi, meskipun seberapa efektif itu akan membendung aliran kasus. (abc.net.au/The Guardian/OL-8)

 

Baca Juga

AFP

Warga tak Disiplin, Jumlah Korban Covid di New York Melonjak

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 04:01 WIB
Gubernur Andrew Cuomo mengatakan, tingginya mortalitas di New York merupakan cermin  dari perilaku penduduk daerah...
AFP

Kondisi PM Inggris Membaik

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 03:15 WIB
Sementara, Ratu Inggris Elizabeth berharap Johnson bisa pulih sempurna dan...
AFP

Rusia Tuding Trump Ingin Caplok Planet Lain

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa segala upaya untuk memprivatisasi ruang dalam satu bentuk atau lainnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya