Senin 16 Maret 2020, 00:40 WIB

Perry Warjiyo Bantu Promosi Karya UMKM

MI | Hiburan
Perry Warjiyo Bantu Promosi Karya UMKM

ANTARA
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

 

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, 61, mengaku gemar menggunakan batik hasil karya usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membantu promosi. Salah satunya ialah batik dari Banten yang ia kenakan ketika ditemui Media Indonesia di Jakarta, Rabu (11/3). Menurut Perry, batik tersebut memiliki sejarah panjang.

"Sejak saya jadi gubernur BI, saya sedekahkan badan saya untuk promosi UMKM. Seperti yang saya pakai ini, batik Banten, bahwa batik sudah ada sejak abad ke-17 dari kepemimpinan Sultan Banten Maulana Hassanudin. Dengan punahnya kesultanan Banten, batik merambah ke Jawa. Ini batik sanggalangi dan ada 72 batik kuno di Banten, 12 sudah kita bantu untuk menjadi hak milik Indonesia dan ini saya bilang value added," ujarnya.

Ia menambahkan, sektor UMKM bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan percaya bahwa sektor UMKM bisa menggantikan posisi minyak.

Perry mengatakan untuk menjaga kreativitas UMKM, langkah yang harus dilakukan ialah hilirisasi. Salah satu hal yang tengah diperjuangkan BI terkait dengan hilirisasi UMKM ialah digitalisasi melalui QRIS yang mengimplementasikan sistem pembayaran Indonesia (SPI). (Des/H-3)

Baca Juga

AFP/Valerie MACON

Madonna Sumbang US$1 Juta untuk Penelitian Vaksin Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 12:00 WIB
"Saya bergabung dengan Bill dan Melinda Gates Foundation dalam upaya menemukan obat yang akan mencegah atau mengobati...
MI/ARYA MANGGALA

Isyana Sarasvati Masuk Daftar Sosok Muda Berpengaruh di Asia

👤Cecylia Rura 🕔Minggu 05 April 2020, 05:46 WIB
Isyana tidak hanya dikenal di industri musik pop dan sebagai pianis andal, tetapi juga sebagai penyanyi...
Istimewa

Kolaborasi LOKET & GoPay, Billboard Hadirkan Konser di Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 08:00 WIB
Konser Nyanyi Di Rumah akan menghibur masyarakat yang saat ini harus menjalankan praktik jaga jarak sekaligus agar mereka #tetepproduktif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya