Minggu 15 Maret 2020, 17:41 WIB

Selain Muhammadiyah, PBNU Tanggapi Wacana Salat Jumat di Rumah

Cahya Mulyana | Humaniora
Selain Muhammadiyah, PBNU Tanggapi Wacana Salat Jumat di Rumah

MI/Adi Maulana Ibrahim
Salat Jumat digelar di sebuah jembatan Stasiun Kereta Api Kampung Bandan, Jakarta Utara, Jumat (11/10/2019).

 

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung langkah pemerintah mengeleminasi dampak dan penyebaran virus korona dengan meminta masyarakat mengurangi interaksi di tempat umum termasuk kegiatan keagamaan.

Langkah itu baik mengingat virus bernama Covid 19 tengah menjadi pandemi dan kesehatan masyarakat lebih utama.

Baca juga:Muhammadiyah: Jika Darurat, Salat Jumat Bisa Dilakukan di Rumah

"Semua pihak perlu bergandeng tangan mencegah penularan Covid-19. Jika dalam situasinya melaksanakan ibadah di rumah adalah cara melakukan pencegahan yang efektif, kita lakukan bersama," terang Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas kepada Media Indonesia, Minggu (15/3).

Menurut dia, masyarakat tidak boleh berpangku tangan terhadap pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Maka semua pihak harus turut serta menekan penyebaran virus yang tengah menyebar di seluruh negara ini dengan segala cara.

Kegiatan keagamaan sekalipun, kata dia, perlu mengedepankan aspek keamanan demi mengantisipasi penyebaran virus ini. Maka aktivitas yang diikuti banyak orang termasuk salat berjamaah dan Salat Jumat disarankan dilakukan di rumah dengan diganti salat dzuhur.

"Kategori hukumnya termasuk udzur syari," tegasnya.

Baca juga: Antisipasi Covid-19, PGI: Kebaktian di Gereja Bisa Secara Online

Namun demikian, masyarakat tetap harus tenang, waspada, dan jangan panik. Masyarakat harus melakukan hal-hal sederhana, namun memiliki dampak positif mencegah penularan virus korona.

"Antara lain, biasakan cuci tangan dengan sabun dan bersihkan lingkungan dengan desinfektan. Tentu saja jangan lupakan doa dan tawakal. Tahan diri dan jangan politisasi isu virus korona dan sebar hoaks," pungkasnya. (Cah/A-3)

Baca Juga

MI/Susanto

Kemenhub Berupaya Sektor Transportasi tidak jadi Klaster Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:00 WIB
Menhub melihat kecenderungan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan semua jenis transportasi akan meningkat pada libur panjang...
DOK MI

Bioskop Dibuka Kembali, Ini Rekomendasi PDIB

👤Widhoroso 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:45 WIB
Apabila ditemukan terjadi pelanggaran terhadap aturan protokol kesehatan yang berlaku maka harus diberikan sanksi secara tegas kepada pihak...
Ist

Dasar Kepemimpinan Harus Ditanamkan pada Siswa Sejak Dini

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:21 WIB
Melalui latihan dasar kepemimpinan, para siswa bisa memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab dalam tugasnya sebagai siswa maupun tugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya