Minggu 15 Maret 2020, 11:46 WIB

Anies Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah JPO yang terletak di sepanjang Jalan Gajah Mada, Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan imbauan kepada warga ibu kota untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Masyarakat pun diminta agar tidak keluar rumah untuk meminimalisasi penularan virus korona.

"Jangan keluar rumah kecuali amat penting. Sebisa mungkin kerjakan pertemuan secara jarak jauh. Jalankan ini dengan serius untuk seluruh anggota keluarga. Selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga, dan itu artinya menyelamatkan orang banyak," kata Anies dalam keterangan resmi, Minggu (15/3).

Ia juga meminta warga tidak bereksodus keluar kota maupun ke kampung halaman.

Baca juga: Akibat Korona, Museum di Bogor Ditutup

Menurutnya, segala potensi bisa terjadi termasuk warga yang tidak menampakkan gejala ternyata memiliki virus dan justru menularkan virus ke warga daerah asalnya.

"Saya berpesan kepada semua, usahakan tidak bepergian ke luar kota. Tunda rencana pulang kampung sampai kondisi penularan terkendali. Jangan sampai ada di antara kita yang pulang kampung dan tanpa disadari justru membawa virus tersebut ke kampung halaman atau ke wilayah lain. Karena Jakarta saat ini merupakan salah satu tempat virus tersebut telah menular dari satu pribadi ke pribadi lain," tegasnya.

Anies juga mengimbau warga menghindari tempat yang berpotensi jadi media penularan. Misalnya kawasan penuh pengunjung atau kegiatan yang bila dihadiri harus saling berdekatan.

"Tunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak. Walaupun kegiatannya mulia baik dan dirasa perlu, tapi jika tidak urgent, tunda saja. Misalnya, arisan, pengajian, rapat-rapat, majelis talim dan sebagainya. Tunda dulu di waktu saat ini sudah bisa terkendali," tukasnya.

Sementara itu, terkait kegiatan keagamaan, Anies menyebut dalam kondisi seperti ini agar kegiatan itu dilakukan di rumah saja.

Ia menegaskan sejak awal virus korona merebak di Tiongkok dan negara-negara Asia lainnya, Pemprov DKI telah memantau dan mempersiapkan berbagai langkah.

Namun, upaya pencegahan ditegaskan Anies tidak hanya bisa dilakukan pemerintah saja.

"Pencegahan penularan Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Seluruh warga harus bekerja bersama. Penularan ini terjadi karena interaksi dari orang ke orang. Karena itu kita semua harus ambil tanggung jawab, terlibat, mencegah. Pencegahan harus dilakukan kita semua," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Memasang Tanda Kuburan Massal Covid-19

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 03:00 WIB
ISAK tangis mewarnai pemakaman massal korban penyakit menular di blok khusus Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok...
ANTARA

Anies Jangan lagi One Man Show

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 02:20 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tidak lagi sibuk bekerja sendiri setelah terpilihnya Wakil Gubernur DKI...
MI/Ramdani

Ini Aktivitas yang Harus Dihindari Selama PSBB di DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 02:15 WIB
Akan ada tindakan penertiban bagi warga yang masih berkerumunan lebih dari lima orang. Penindakan ini akan melibatkan kepolisian dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya