Minggu 15 Maret 2020, 10:36 WIB

Antisipasi Virus Korona, PT di Purwokerto Mulai Kuliah Daring

Liliek Dharmawan | Nusantara
Antisipasi Virus Korona, PT di Purwokerto Mulai Kuliah Daring

ANTARA/Asep Fathulrahman
Ilustrasi-- Puluhan mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sedang menggunakan laptop di area 'hotspot'.

 

SEJUMLAH perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta di Banyumas, Jawa  Tengah (Jateng) tidak lagi memberlakukan perkuliahan tatap muka, melainkan diganti dengan kuliah daring mulai Senin (16/3).

Kebijakan itu  dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Banyumas.

Sejumlah PT yang menerapkan kuliah daring di antaranya adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, IAIN Purwokerto,  Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan IT Telkom Purwokerto. Keputusan kuliah daring itu ditandatangani rektor masing-masing perguruan tinggi.

Dalam surat edarannya, Rektor Unsoed Purwokerto Suwarto mengungkapkan, mulai Senin (16/3), para mahasiswa tidak perlu kuliah dengan tatap muka di kampus.

Baca juga: Jateng Gencarkan Edukasi Pencegahan Virus Korona

"Kegiatan perkuliahan tatap muka diganti pembelajaran daring. Bagi program studi (Prodi) yang telah siap, bisa mulai dilaksanakan Senin (16/3). Namun, kalau belum, diberikan waktu sepekan untuk persiapan dan dimulai pada Senin (23/3)  mendatang," katanya.

Kebijakan tersebut, kata Rektor, berlaku hingga akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020. Tetapi, sambil menunggu perkembangan situasi dan kondisi.

Kalau memang kondisinya membaik, kegiatan perkuliahan akan  kembali seperti biasanya. Untuk kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan lainnya tetap diselenggarakan. Tetapi tetap memastikan tempat-tempat tersebut menerapkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Secara terpisah, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jebul Suroso, juga mengatakan pihaknya mulai Senin (16/3)  menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh atau e-learning.

Sedangkan  Rektor IAIN Purwokerto Moh Roqig menyatakan ujian tengah semester genap dilaksanakan secara daring atau take home. Untuk perkuliahan diganti dengan perkuliahan daring.

Sementara Rektor IT Telkom Purwokerto Ali Rokhman juga mengeluarkan kebijakan yang sama, yakni perkualiahan secara daring. (OL-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Jalani Rapid Test, 30 Dokter di Sikka Nonreaktif

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:35 WIB
Sebanyak 30 dokter yang selama ini menangani pasien positif virus covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur telah menjalani rapid...
MI/Bary Fathahilah

Tidak Pakai Masker di Tuban Dihukum Menyapu Jalan

👤Ahmad Yakub 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:25 WIB
Pemkab Tuban, Jawa Timur, memberikan sanksi tegas bagi warga yang tertangkap tangan melanggar protokol...
ANTARA/SYAIFUL ARIF

Lamongan Siap Membuka Obyek Wisata

👤M Yakub 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:20 WIB
Bupati Lamongan, Jawa Timur, Fadeli mengatakan siap membuka sejumlah tempat wisata di wilayahnya dengan mempertimbangkan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya