Minggu 15 Maret 2020, 06:50 WIB

Daerah Gotong-Royong Tangkal Korona

Palce Amalo | Nusantara
Daerah Gotong-Royong Tangkal Korona

MI/Palce Amalo
Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

 

PARA pemimpin di daerah bergerak cepat melakukan berbagai upaya antisipatif untuk menangkal penyebaran infeksi virus korona atau covid-19.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT), Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan akan menutup sementara pintu perbatasan dengan Timor Leste untuk mencegah penyebaran virus korona.

“Kita berkoordinasi agar perbatasan dengan Timor Leste ditutup sementara,” kata Laiskodat seusai memberikan kuliah umum di Poltekes Kemenkes Kupang, kemarin.

Dia menegaskan, kendati belum ada laporan warga Timor Leste menjadi suspect virus korona, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meningkatkan status penyebaran virus itu menjadi pandemi global.

Terpisah, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini turun memimpin pencegahan penyebaran virus korona di ‘Kota Pahlawan’. Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan ialah menyiapkan ratusan ribu masker bagi warga Surabaya.

“Saya minta Dinas Kesehatan untuk menyimpan persediaan masker. Sekarang  sudah dibagi ke kelurahan. Nanti boleh dicek di kelurahan dan di puskesmas,” ungkap Risma dalam keterangan resminya, kemarin.

Selain itu, Risma juga mengajak masyarakat agar rutin mencuci tangan setelah beraktivitas. Hingga kini, penyebaran virus korona di Surabaya masih nihil.

Di Tasikmalaya, Polres ­Tasikmalaya Kota turun mengajak masyarakat bergotong-royong membersihkan lingkungan guna mengantisipasi penyebaran virus korona. Pola hidup bersih dan sehat tersebut dilakukannya di dua fasilitas umum di Kecamatan Ciawi dan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

“Kebersihan bukan hanya meng-antisipasi virus korona, tetapi juga untuk memberantas sarang dan jentik nyamuk guna mencegah DBD,” kata Kepala Polres Tasikmalaya Kota, Ajun Komisaris Besar Anom Karibianto, kemarin.

 

Protokol pencegahan

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo karena menjalankan sejumlah langkah pencegahan penyebaran virus korona. Ganjar aktif menginformasikan perkembangan kasus covid-19 dari hari ke hari serta menekankan agar semua fasilitas umum dilengkapi sanitasi.

MI/LILIK DARMAWAN

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

 

“Pastikan ke sekolah, pasar, tempat perbelanjaan menyediakan fasilitas sanitasi untuk cuci tangan dan juga sabun,” kata Ganjar dalam keterangan resmi, kemarin.

Menurut dia, pelaksanaan protokol korona juga terus dikawal hingga ke perangkat desa untuk memastikan wilayah Jateng memiliki fasilitas pencegahan penyebaran virus.

Terpisah, Gubernur Bali I Wayan Koster dan para bupati serta wali kota se-Bali akan turun memimpin penyemprotan disinfektan secara massal dan serentak di seluruh Bali. “Penyemprotan dilaksanakan secara serentak pada jam yang sama, yakni Minggu (15/3) pada pukul 08.00 Wita,” ujar Ketua Satgas Penanggulangan Korona Bali yang juga Sekda Bali, Dewa Made Indra, kemarin.

Sementara itu, terkait kebijakan meliburkan sekolah untuk menekan penyebaran virus korona, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran mengatakan masih menunggu perkembangan perlu tidaknya melakukan hal itu.

Sejauh ini jumlah warga terduga tertular virus korona di Kalteng sebanyak 15 orang. Namun, setelah evaluasi, 12 orang negatif dan 3 lainnya masih menunggu hasil laboratorium dari Jakarta.

Senada, kebijakan belum meliburkan sekolah juga dilakukan Pemprov Jambi, Bangka Belitung, Pemkot Tasikmalaya, dan Pemkab Cianjur.  (Cah/AD/OL/SS/RF/BB/YH/SL/YK/JL/LD/DW/BN/MR/N-3)

Baca Juga

Antara

Jatim Waspada, Jumlah Positif Covid-19 Melonjak

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 20:50 WIB
Total positif covid-19 di Jatim mencapai 187 orang. Tambahan 35 orang ini, berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur. ODP berjumlah 1.0636...
ANTARA/SYIFA YULINNAS

Masyarakat Transportasi Minta Penetapan Tarif Baru Kapal Feri

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 April 2020, 20:34 WIB
Kementerian Perhubungan semestinya yang menerbitkan surat keputusan seputar seluruh jasa transportasi laut, udara, dan darat di...
MI/Widjajadi

Pemkot Solo Distribusikan Paket Sembako Warga Terdampak Covid 19

👤Widjajadi 🕔Minggu 05 April 2020, 19:35 WIB
Paket sembako ini untuk warga rentan miskin yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya