Minggu 15 Maret 2020, 06:10 WIB

Menhub Positif, para Menteri Diperiksa

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Menhub Positif, para Menteri Diperiksa

MI/ADAM DWI
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo bersiap memberikan keterangan terkini mengenai kasus covid-19.

 

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan covid-19 akan semaksimal mungkin menyembuhkan orang yang positif terinfeksi virus korona dan melindungi warga yang masih sehat agar tidak tertular.

Demikian penjelasan Ketua Gugus Tugas, Doni Monardo, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, kemarin.

“Aksi nyata yang dilakukan memperbanyak tempat pengetesan covid-19, memperbanyak toolkits untuk tes secara cepat, memperbanyak tenaga medis dengan mengundang dan melibatkan mahasiswa kedokteran tingkat akhir, dokter IDI, dan relawan medis,” kata Doni.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurian­to, menambahkan, strategi berbasis komunitas itu akan terfokus pada warga yang sehat. “Percepatan penanganan covid-19 menjaga yang sehat agar tidak sakit. Strategi menjaga orang sehat agar tidak sakit dengan memutus penularan.”

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 juga akan siaga di 135 lokasi pintu gerbang masuk ke Indonesia dan berjaga di 132 rumah sakit rujukan covid-19, 109 rumah sakit TNI, 53 rumah sakit Polri, dan 65 rumah sakit BUMN.

Pada sisi lain, lanjut Achmad Yu­rianto, hingga kemarin jumlah pasien terinfeksi korona yang sembuh bertambah lagi menjadi 8. Tiga pasien pertama ialah kasus 6, kasus 14, dan kasus 19. Kemudian dua pasien lagi yang sembuh, yakni kasus 3 dan kasus 10. Adapun tiga pasien sem­buh lainnya, Yurian­to tidak menye­but­kan­nya.”Infeksi virus korona bisa diatasi dengan perawatan dan peningkatan imunitas tubuh. Terlebih kasus yang tanpa disertai penyakit penyerta.”

Total jumlah pasien positif terinfeksi korona kini tercatat sebanyak 96 orang. “Ada penambahan 27 kasus baru dari hasil penelusuran kontak yang dilakukan secara masif,” tutur Achmad Yurianto.

 

Telusuri kontak

Tadi malam, Istana mengumumkan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi positif terinfeksi korona. Menurut Mensesneg Pratikno, Budi Karya menjalani perawatan di rumah sakit karena tifus. Namun, hasil laboratorium menyatakan Budi Karya positif korona dan dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

Pratikno menyatakan Kementerian Kesehatan akan menelusuri kontak dan memeriksa para menteri lain untuk menghindari potensi penyebaran. “Menhub diketahui kerap terjun langsung dalam sejumlah operasi evakuasi WNI dari luar negeri. Pak Luhut Pandjaitan menjadi Menhub ad interim,” kata Pratikno.

Pengumuman Pratikno langsung memantik kepanikan sejumlah awak media yang sepekan terakhir meliput kegiatan Menhub dan berada dalam jarak dekat ketika melakukan wawancara doorstop.

Adapun Dirut RSUP ­Persahabatan, Rita Rogayah, mengonfirmasi bahwa Kepala PPATK, Kiagus Ahmad Bada-ruddin, kemarin meninggal karena penyakit penyerta. “Jadi, tolong diingat bapak meninggal karena ada infeksi saluran pernapasan bawah. Penyakit penyerta yang diidap antara lain diabetes dan ginjal.”

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup sekolah selama dua pekan pada 16-28 Maret. Gubernur DKI Anies Baswedan berharap hal itu akan untuk meminimalisasi penularan korona.

MI/ANDRI WIDIYANTO

Sebanyak 188 ABK World Dream yang menjalani observasi di Pulau Sebaru kecil tiba di Dermaga Kolinlamil.

 

Sementara itu, kemarin siang, sebanyak 188 ABK World Dream selesai menjalani observasi di Pulau Sebaru Kecil. Selanjutnya mereka akan kembali ke keluarga masing-masing. (Ind/Tri/Put/Aiw/Ant/X-3)               

Baca Juga

Antara

Pakar Virologi: Garda Depan Tangani Covid-19 bukan Tenaga Medis

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 00:13 WIB
Tenaga medis dan pemerintah justru merupakan garda...
AFP/LIONEL BONAVENTURE

TikTok akan Sumbang US$250 Juta untuk Perangi Covid-19

👤Widhoroso 🕔Kamis 09 April 2020, 22:50 WIB
TikTok mengikuti langkah beberapa perusahaan teknologi yang telah menyumbangkan dana untuk memerangi...
Dok. Softex Indonesia

Confidence Donasikan 10 Ribu Popok Dewasa untuk Tangani Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 22:44 WIB
Bantuan itu juga sebagai wujud solidaritas kemanusiaan terhadap petugas medis yang jadi garda terdepan dalam penanganan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya