Sabtu 14 Maret 2020, 20:19 WIB

Sempat Kabur dari RSUP, Pasien Covid-19 Dirawat di RS Polri

Tri Subarkah | Humaniora
Sempat Kabur dari RSUP, Pasien Covid-19 Dirawat di RS Polri

Antara
Ilustrasi

 

SATU pasien positif Covid-19 yang dikabarkan kabur dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan kembali menjalani perawatan. Namun menurut Direktur RSUP Persahabatan Rita Rogayah, pasien tersebut dirawat di RS Polri Kramat Jati.

"Kami berkoordinasi dengan Dinkes DKI melalui RS Polri Kramat Jati. Jadi pasien ini lebih baik dirawat di RS Polri Kramat Jati, mungkin di sana lebih aman," ungkap Rita saat ditemui di RSUP Persahabatan, Sabtu (14/3).

Menurut Rita, kaburnya pasien tersebut disebabkan karena merasa kondisinya sehat dan enggan diisolasi. Walakin pihak rumah sakit sudah memberikan motivasi, namun pasien itu bersikeras untuk pulang.

"Sehingga kami tetap koordinasi dengan Dinkes DKI. Pasien itu pulang, Dinkes datang ke rumahnya, jadi tetap dalam pengawasan Dinkes DKI, diharapkan bisa diisolasi di rumah," terang Rita.

Namun pihak Dinas Kesehatan DKI menilai bahwa pasien tersebut tidak boleh diisolasi di rumahnya. Oleh sebab itu, pasien dibawa ke RS Polri. Dari sana, pasien diantar kembali ke RSUP Persahabatan. Saat itu, pihak RSUP menilai bahwa pasien tersebut lebih baik dirawat di RS Polri.

"Jadi pasien ini lebih baik dirawat di RS Polri Kramat Jati. Mungkin di sana lebih aman, karena kami mengurusi banyak pasien. Pasien tersebut sudah tidak ada di persahabatan, pasien sudah kami rujuk jam 10 malam dijemput Dinkes dibantu oleh polisi," papar Rita.

Terkiat kemungkinan penyebaran Covid-19 yang ditularkan oleh pasien selama di rumah, Rita menyebut hal itu menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan DKI. "Nanti tim mereka surveillance yang menindak lanjutinya. Karena kami tidak sampai situ," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rita juga menjelaskan bahwa sudah ada enam pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di RSUP.

"Sampai saat ini sudah enam yang sudah sembuh, sehingga dipindahkan dari ruangan isolasi ke ruangan biasa dan setelah itu dipindahkan ke rumah," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Dok Edo Musiclive

Glenn Fredly Meninggal Diduga Meningitis

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 08 April 2020, 20:18 WIB
Pelantun Kasih Putih itu dikabarkan meninggal diduga karena menderita meningitis dan sempat dirawat beberapa saat di rumah...
MI/Ramdani

Sembuh dari Korona, Dua Komisioner Ombudsman Pulang ke Rumah

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 08 April 2020, 19:02 WIB
Ninik mengaku selama menjalani isolasi tidak ada gejala yang signifikan. Meski tanpa gejala, dia tetap mengikuti anjuran dokter selama...
Antara

Dari 218 Kasus Baru Positif Korona, 101 di Jakarta

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 08 April 2020, 18:25 WIB
Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat, kasus baru terbanyak ditemukan kembali di ibu kota dengan 101 pasien positif....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya