Sabtu 14 Maret 2020, 16:08 WIB

Menunggu Gelar Juara Antiklimaks The Reds

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Menunggu Gelar Juara Antiklimaks The Reds

AFP
Poin 4 tim teratas di 2019/20, pada 13 Maret pada saat pengumuman untuk menangguhkan liga karena covid-19

 

NASIB Liverpool yang ingin menyudahi puasa gelar Liga Primer Inggris selama hampir tiga dekade masih belum jelas. Setidaknya, The Reds harus menunggu kejelasan saat UEFA bertemu dengan 55 federasi anggotanya untuk membahas kelangsungan event olahraga di benua biru pada Selasa (17/3) nanti.

Laporan Skysports menyebutkan, beberapa klub masih menginginkan Liga Primer dilanjutkan setelah penundaan karena virus korona hingga 4 April mendatang.

Namun, salah satu sumber senior klub Liga Primer mengatakan, hanya 75% peluang musim ini bisa dilanjutkan.

“Saya mengatakan, hanya 75% peluang musim ini tidak akan selesai. Ada banyak pertanyaan untuk dijawab, apakah ada (klub) yang dipromosikan atau didegradasi,” kata sumber itu.

Klub Liga Primer sedang menunggu apa keputusan yang akan diambil pemangku kepentingan sepak bola Eropa pada hari Selasa (17/3).

Chairman FA, Greg Clarke dalam pertemuan dengan klub-klub Liga Primer Jum’at (13/3) mengatakan, mustahil untuk menuntaskan kompetisi 2019/2020. Dia menyebut belum ada jaminan apakah liga bisa bergulis setelah dua pekan masa karantina jika virus korona belum bisa diredam.

Beberapa opsi mungkin bisa diputuskan. Pertama, gelar juara bisa diberikan ke Liverpool yang saat ini berada di puncak klasmen dengan 82 poin atau selisih 25 poin dari runner up Manchester City dan tidak ada klub yang akan didegradasi.

Opsi kedua, musim ini dibatalkan atau tidak berlaku dengan pilihan musim depan ada 20 tim dengan klub yang sama. Namun opsi ini tentu ditentang Liverpool karena sudah unggul 25 poin di puncak klasmen.The Reds hanya butuh dua kemenangan untuk menyegel gelar juara.

Opsi terakhir yang mungkin bisa diambil yakni, klasemen saat ini dinyatakan final. Namun, opsi itu tentu bertentangan dengan sikap keadilan untuk tiga tim yang berada di zona degradasi, Bournemouth, Aston Villa dan Norwich.

Dalam laporan Telegraph yang dilansir dari Daily Mail, Liverpool kemungkinan akan diberi gelar juara untuk musim ini. Mayoritas klub Liga Primer tidak keberatan dengan keputusan itu.

Masih dalam laporan itu, untuk musim ini tidak akan ada yang didegradasi. Liga Premier bisa memberi peluang untuk Leeds dan West Bromwich Albion bisa promosi dari Championship. Artinya, ada 22 tim untuk musim depan.

Bukan hanya soal siapa juara dan degradasi, persoalan kontrak sejumlah pemain juga menjadi fokus klub-klub Liga Primer. Sejumlah pemain yang akan habis kontrak akhir Juni adalah Willian dan Pedro dari Chelsea serta Jan Vertonghen dari Totenham.

Beberapa agen kabarnya akan menuntut kontrak yang lebih lama atau mendesak klub agar menandatangani kontrak ulang para pemain. (Dailymail/Skysports/OL-2)

Baca Juga

AFP/GABRIEL BOUYS

Kroos tidak Setuju Gaji Pemain Dipotong karena Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 08 April 2020, 12:54 WIB
Pemain timnas Jerman itu mengatakan ketimbang memotong gaji pemain, lebih baik pemain diberi gaji penuh sehingga mereka bisa mendonasikan...
AFP/Oli SCARFF

Henderson Dinilai belum Layak Gantikan De Gea

👤Kautsar Halim 🕔Rabu 08 April 2020, 11:14 WIB
Terhitung dalam 27 kali penampilan di Liga Primer Inggris musim ini, Henderson membawa Sheffield baru kebobolan 22 gol dan sukses dibuatnya...
AFP/Christof STACHE

Flick Siapkan Diri Bermain di Stadion Kosong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 April 2020, 11:05 WIB
Mayoritas dari 18 klub Bundesliga telah kembali berlatih untuk pertama kali pada Senin (6/4) setelah kompetisi dibekukan sejak pertengahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya